Advertorial

Biologi UIN Bandung Menggelar Seminar Nasional ke VI

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi UIN SGD Bandung menyelenggakan Seminar Nasional VI di Aula Anwar Musaddad, Kamis (25/4/2019). (Anisa Nurfauziah/Suaka)

SUAKAONLINE.COM- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi UIN SGD Bandung menggelar Seminar Nasional Biologi VI di Aula Anwar Musaddad, Kamis (25/4/2019). Seminar Nasional tersebut merupakan acara tahunan yang diselenggaran HMJ Biologi sekaligus untuk memperingati Milad Biologi yang ke-13.

Mengusung tema “Pemanfaatan Biodiversitas dan Bioteknologi Untuk Pelestarian Lingkungan”, acara ini bertujuan untuk memperkenalkan keanekaragaman hayati kepada masyarakat luas dan mengedukasi tentang pemanfaatan yang bisa diolah. Acara ini dihadiri oleh 300 peserta dari berbagai instansi seperti Aceh hingga Ambon.

Menghadirkan tiga pemateri yang mumpuni dibidangnya, Universitas Nasional Jakarta, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI),  Dedy Darnaedi, Institut Teknologi Bandung, (Bioteknologi Mikro), Iman Rusmana, dan dari UIN SGD Bandung (Entomologi), Ida Kinasih, seminar tersebut membahas tentang Biodiversitas dan Ekologi, Fisiologi dan Toksikologi, Biologi Molekuler, Mikrobiologi, Bioteknologi, Pertanian, Kehutanan, dan topik-topik yang berkaitan dengan Biodiversitas.

Dalam pemaparannya, Dedy mengatakan bahwa pada zaman sekarang bagaimana kita mengamankan Biodiversitas supaya tidak diganggu, karena Biodiversitas sangat berjasa baik secara langsung maupun tidak langsung. Dedy pun menginginkan agar manusia memanfaatkan apa yang sudah ada melalui teknologi.

“Dulu pas alam masih bagus kita bisa melakukan hal itu, tapi celakanya sekarang ekosistem sudah rusak,  dan banyaknya spesies yang punah,” jelasnya. Ilmu teknologi bukan hanya pemanfaatan saja, tapi bagaimana cara memperbaiki ekosistem juga spesies agar tetap lestari. Dan tugas peneliti Saat ini adalah memulihkan Biodiversitas yang sudah rusak

Setelah sesi seminar selesai, dilanjut oleh penampilan solo violin yang diisi oleh mahasiswi Biologi, sesi poster, oral presentation, coffee break, dan ditutup oleh pengumuman makalah terbaik juga pemberian hadiah kepada para pemenang.

Dan untuk pemakalah terbaik pertama diraih oleh Mahasiswa Universitas Padjajaran, Irfan Zidni, juara diraih oleh Mahasiswi Universitas Padjajaran, Debi Shafira Candra, dan juara tiga diraih oleh mahasiswi UIN SGD Bandung, Intan Lupida Diana Susila.

Baca juga:  Pelepasan KKN Internasional UIN Bandung ke Malaysia

Menurut ketua pelaksana, Balqis Tri Oktaria mengatakan acara ini harus ditingkatkan kembali karena membawa nama jurusan Biologi dan Universitas agar lebih dikenal. “Semoga kedepannya untuk seminar-seminar nasional selalu ada dan berlanjut hinggak ke tingkat nasional.” tutupnya.

Reporter : Anisa Nurfauziah

Redaktur : Lia Kamilah

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas