Kampusiana

Wisuda ke-74, UIN Bandung Akan Lepas 942 Wisudawan

Dok. Suaka

SUAKAONLINE.COM – “Kami dan semua seksi yang bertugas pada acara nanti telah rapat persiapan sebelum Idul Fitri dan melakukan pengecekan kesiapan wisudawan. Sebanyak 942 wisudawan dari program S1, S2, hingga S3 akan dilepas di Aula Anwar Musaddad,” imbuh Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) UIN SGD Bandung, Rohman Setiawan di ruangannya, Selasa (11/6/2019).

Persiapan untuk wisuda ke-74 pada Minggu, (16/6/2019) sudah dilakukan, mulai dari persiapan sarana dan prasarana, kesiapan akomodasi, dan kesiapan wisudawan. Rapat persiapan dihadiri oleh seksi pelaksana dari birokrat kampus dan Kepala Sub Bagian Akademik setiap fakultas, serta pendukung acara. Seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Awal, Paduan Suara Mahasiswa (PSM), bagian pengamanan yaitu Resimen Mahasiswa (Menwa) dan Pramuka, juga bagian kesehatan dari Korps Sukarela (KSR) UIN SGD Bandung.

Ia menambahkan untuk persiapan yang selalu diutamakan selain acara adalah pengamannya. Banyaknya pedagang disekitar kampus membuat jalanan menjadi macet. Belum lagi dengan pedagang yang bersikeras ingin masuk ke dalam kampus. “Juga padatnya kendaraan yang ingin parkir di dalam kampus, padahal kampus hanya mampu menampung 400 unit mobil beroda empat saja,” tambahnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Bagian Akademik, Dina, yang mengaku terkendala dengan pengamanan wisuda karena banyaknya pedagang “nakal” yang masuk ke dalam kampus lewat gang kecil disamping dan dibelakang. Ia menyayangkan petugas keamanan dalam kampus yang cenderung membiarkan hal itu terjadi.

“Tetap tidak kondusif karena banyak yang berjualan juga akhirnya di dalam kampus itu. Entah lewat mana mereka masuk, tapi sepertinya lewat gang sekitar pemukiman warga yang kurang dijaga,” ungkapnya, Kamis (13/6/2019).

Lebih lanjut Suaka mewawancarai Kepala Satuan Pengamanan UIN SGD Bandung, Uus Rubama. Ia menjelaskan bahwa telah dibentuk beberapa tim pengamanan khusus pada pelaksanaan wisuda nanti. Yang bekerja sama dengan Karang Taruna dan warga sekitar untuk mengamankan titik parkir diluar kampus, di Pertamina dan Tritan Point. Juga telah dibuat surat untuk berkoordinasi dengan Kapolsek Panyileukan yang akan ikut memonitori pengamanannya.

Baca juga:  Peringati Milad ke-13, Matematika UIN Bandung Gelar Seminar Nasional

Untuk permasalahan banyaknya pembiaran pedagang “nakal” yang masuk ke kampus melalui gang, ia tidak membantah hal tersebut. Namun ia pun menjelaskan bahwa Satpam lainnya telah berusaha meminimalisir hal itu terjadi, tetapi memang mereka yang selalu punya cara untuk masuk. Seperti memasukkan barang dagangan ke dalam tas dan didagangkan setelah berhasil masuk.

“Kami juga bingung kenapa mereka bisa masuk, banyaknya itu dagangan disembunyikan di tas. Kalau sudah terlanjur masuk juga kami bisa apa karena mereka pun mencari sesuap nasi. Kami hanya menertibkan saja agar tidak memasuki area Fakultas Saintek dan Tugu Kujang.” jelasnya.

Saat ini tahap persiapan sudah memasuki tahap akhir setelah rapat koordinasi terakhir dilakukan. Tidak terdapat banyak perbedaan dengan wisuda tahun lalu, hanya diberikan persembahan lagu khusus untuk peraih IPK tertinggi. Setiap seksi pelaksana telah siap dan akan melakukan fiksasi pada pelaksaan gladi resik pada Sabtu, (15/6/2019) mulai jam 09.00 hingga 11.00.

Reporter : Lia Kamilah

Redaktur : Harisul Amal

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas