Advertorial

IKA DARMA AYU Gelar Kemah Bakti Mahasiswa

SUAKAONLINE.COM – Ikatan Keluarga Mahasiswa Indramayu (IKA DARMA AYU) menggelar acara Kemah Bakti Mahasiswa yang bertempat di Desa Bogor, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu yang berlangsung selama satu bulan, pada Senin, (8/7/2019) hingga Minggu, (18/7/2019). Mengusung tema “Bakti Ika Darma Ayu Teng Desa Kangge Numbuhaken Rasa” yang di artikan dalam bahasa Indonesia yaitu “Bakti Ika Darma Ayu di Desa Untuk Menumbuhkan Rasa Persahabatan dan Persaudaraan dengan Masyarakat”.

Acara ini bertujuan untuk mengimplementasikan tri darma perguruan tinggi, Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kedua belajar masyarakat yang berarti belajar membaur, berbakti, dan mengabdi pada masyarakat. Dan yang terakhir menumbuhkan rasa cinta terhadap daerah. Ketua Pelaksana Kemah Bakti Mahasiswa (KBM), Trio Pramuji mengatakan bahwa alasan kegiatan ini dinamakan “Kemah Bakti Mahasiswa” adalah berdasarkan makna pada setiap kata.

Kemah yang artinya menempati tempat tertentu, bakti artinya berbakti atau mengabdi, dan mahasiswa sebagai aktor yang menjankannya. Alasan dinamakannya Kemah Bakti Mahasiswa adalah untuk menyugestikan kepada kami bahwa kegiatan tersebt merupakan momentum bagi IKA DARMA AYU untuk belajar mengabdi sebagai mahasiswa dengan cara tinggal di suatu desa tertentu.


Ketua Pelaksana Kemah Bakti Mahasiswa (KBM), Trio Pramuji mengatakan bahwa ini sudah menjadi program tahunan Ika Darma Ayu yang merupakan program kerja unggulan yang terus dilestarikan, sebagai pengingat tahun ke-25 dari KBM tersebut. Dan program kerja yang sudah berjalan selama 24 tahun terakhir dengan lokasi yang berbeda dan tersebar di seluruh pelosok Kabupaten Indramayu.

Rangkaian kegiatan dalam acara tersebut terdapat lima program, yang terdiri dari program untuk para pemuda, seperti Kajian Intensif Kepemudaan, Temu Wicara Pemuda, dan Pelatihan Kewirausahaan. Lalu program yang berkaitan dengan keislaman dan ke UIN-an seperti kunjungan ke musholla dan masjid. Program yang berkaitan dengan lembaga pendidikan, seperti partisipasi mengajar.

Baca juga:  Serah Terima Gedung Sport Center Bank BJB Syariah - UIN Bandung

Program untuk anak-anak, seperti pelatihan tari dan Sosialisasi Cara Menyikat Gigi, dan yang terakhir ada program untuk masyarakat secara umum, seperti pengobatan gratis, pembagian sembako gratis, pelatihan kewirausahaan, pengadaan inventaris, dan tabligh akbar. Terdapat 18 mahasiswa yang mengikuti acara tersebut yang dan menempuh jurusan yang berbeda-beda di UIN SGD Bandung dan berasal dari berbagai kalangan di daerah Indramayu.

Menurut Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Indramayu, Danu Maulana mengatakan bahwa dengan diadakannya program KBM ini. Sebagai panitia dan peserta, IKA DARMA AYU berharap untuk semakin meningkatnya kecintaan terhadap kampung halaman, terlepas sebagai mahasiswa yang berasal dari indramayu dengan memiliki tanggung jawab, moral untuk mengetahui permasalahan yang berada di daerah Indramayu, serta berusaha memperbaiki dan memajukannya selepas kuliah nanti.

“Harapan kami kedepannya untuk IKA DARMA AYU adalah  Organisasi ini dapat menumbuhkan karakter dan mengembangkan potensi dan bakat para anggota, harapan selanjutnya adalah sesuai dengan tujuan dari berdirinya organisasi ini yaitu, menjadi wadah penggerak dan berpengaruh dalam memajukan daerah,” Harapnya, Senin (15/7/2019).

Reporter : Syifa Nurul Aulia

Redaktur : Lia Kamilah




Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas