Infografis

PMB UIN Bandung, Tambah Fakultas Tambah Penghuni

SUAKAONLINE.COM, Infografis – Bukan hanya menyambut lahirnya fakultas baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), tahun ini UIN SGD Bandung juga baru saja menyelesaikan hajat penerimaan 6.264 penghuni baru. Jumlah mahasiswa baru (Maba) kampus hijau tercatat terus mengalami peningkatan, presentasinya meningkat 5,1 persen dibanding tahun lalu 5.960.

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2019 UIN SGD Bandung sebenarnya meluluskan 7.600 peserta seleksi, hanya saja 1.336 peserta yang telah dinyatakan lulus di lima jalur tidak menyelesaikan tahapan registrasi, dalam artian tak meneruskan kelulusannya. Perincian jumlah kelulusan di lima jalur itu sebagai berikut; 640 dinyatakan lulus melalui jalur SNMPTN, 994 jalur SBMPTN, 1.121 jalur SPAN PTKIN, 1.510 jalur UM PTKIN, dan sisanya 3.335 peserta lulus lewat jalur Mandiri.

Jumlah kelulusan PMB 2019 juga lebih besar dibandingkan perhitungan yang sama pada PMB tahun 2018. Tahun lalu, 7.577 peserta dinyatakan lulus, hanya saja 1.617 kelulusan tak diteruskan.  Presentasi kelulusannya ialah 592 maba lulus di jalur SNMPTN, 1.835 lulus SPAN PTKIN, 921 jalur SBMPTN, 1.218 jalur UM PTKIN dan 3.011 diterima melalui jalur mandiri.

Meski jumlah maba dan kelulusan tiap tahun bertambah, adanya fakultas baru agaknya bukanlah penyebab peningkatan tersebut. Hal ini karena jumlah program studi yang tersedia juga masih sama dengan PMB tahun lalu yakni 44. Sementara itu program studi ilmu politik yang baru dibuka tahun lalu meski telah diikut sertakan pada tiga jalu masuk, peningkatannya hanya 12,5 persen dari 80 maba tahun 2018, bertambah jadi 90 maba di 2019.

Jika melihat persebaran maba 2019, enam ribu lebih penghuni baru UIN SGD Bandung itu tertampung di Sembilan fakultas. Penampung terbanyak ialah fakutas Tarbiyah dan Keguruan dengan 1.350 maba. Jumlah yang banyak ini tak lepas dari keberadaan Prodi yang juga banyak yaitu 10 prodi. Dibawahnya ialah Dakwah dan Komunikasi yang menerima 943 maba dan disusul Syariah dan Hukum dengan 727 maba.

Baca juga:  Menunggu Hasil Keputusan Penyesuaian UKT 2019

Sementara untuk perhitungan prodi yang paling banyak menerima maba ialah jurusan Sosiologi dengan 287 maba, disusul jurusan Pendidikan Agama Islam yang menampung 260 penghuni baru, dan Satra Inggris yang menerima 251.

Dengan jumlahnya yang terus membengkak terdapat hal menarik dalam proses penyambutannya. Sudah dua tahun ini, Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) diselenggarakn dengan membagi prosesi sidang pleno atau pembukaan menjadi dua sesi, sehingga waktu orientasi juga bertambah dari yang biasanya tiga hari menjadi empat hari. Pertimbangannya ialah untuk menjaga kondusifitas dan mengefektifkan ruang aula yang terbatas.

Sumber           : Bagian Akademik UIN Bandung, uinsgd.ac.id
Periset            : Tim Riset LPM Suaka

Desain             : Hamzah Anshorulloh

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas