Advertorial

Juwara 2019 Sukses Digelar Jurnalistik UIN Bandung

Ridwan Hasan (Founder Psikopedia TC) sedang memaparkan materi “Rahasia mendapatkan Rp 100 juta per bulan hanya dari jualan online” di acara JUWARA (Jurnalistik Berwirausaha) yang di selenggarajan Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurnalistik, Kamis (31/10/2019). Talkshow ini bertemakan “Meningkatkan Mentalitas dan Menumbuhkan Jiwa Kreatif Para Milenial di Dunia Wirausaha”. (Gina Handayani/Suaka).

SUAKAONLINE.COM – Talkshow Juwara (Jurnalistik berwirausaha) 2019 diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurnalistik  dengan tema Meningkatkan Mentalitas dan Menumbuhkan Jiwa Kreatif Para Millenial di Dunia Wirausaha pada Kamis (31/10/2019) di Aula Abjan Soelaeman UIN SGD Bandung. Acara ini terdiri dari talkshow, sesi tanya jawab, penampilan Seni Tari Mahasiswa Jurnalistik  (STMJ), dan diskusi peserta dengan para pemateri.  

Ketua Pelaksana Talkshow Juwara, Rivaldi Maulana menjelaskan bahwa acara ini merupakan tahun kedua dan berbeda dengan tahun sebelumnya.  Acara ini tidak seperti pada tahun 2018 yang mengkhususkan untuk mahasiswa Jurnalistik saja, karena acara kali ini dibuka untuk umum. Juga sebagai ajakan kepada mahasiswa yang tertarik di bidang usaha, ajang silaturahmi kepada HMJ dan UKM di UIN SGD Bandung, dan eksistensi bidang Kewirausahaan HIMA Jurnalistik kepada mahasiswa baru khususnya Jurnalistik.  

Rivaldi menjelaskan perihal tema yang diusung pada acara talkshow Juwara 2019. Menurutnya, mengangkat tema ini karena arti “Meningkatkan Mentalitas” yaitu ingin mewadahi dan memberikan ruang kepada teman-teman yang tertarik sama wirausaha, dan mereka yang tertarik di dunia wirausaha harus memiliki mental yang kuat dan meningkatkannya.  “Kalau berwirausaha kan pasti ada gagalnya, maka kita harus berani gagal dengan menyikapinya dengan dewasa,” kata Rivaldi. 

 “Kita kan sudah hidup di era digital, otomatis hidup di era digital harus meningkatkan daya kreatifitas dan inovasi kita juga, karena jangan sampai kita menduplikasi karya, tetapi  kita harus menciptakan karya dan mengembangkannya. Soalnya, yang namanya dunia wirausaha itu kan sangat kompetitif, kalau misalkan kamu tidak punya inovasi dan keatifitas pasti kamu akan tergeser dengan yang lainnya.” tutur Rivaldi kemudian.   

Acara ini dihadiri oleh 158 peserta dengan empat pemateri yang terdiri dari Pemilik Bahruns Tour and Travel, Achmad Muzzamil  dengan materi Yakin mau berbisnis?”, Pembuat Psikopedia TC, Ridwan Hasan  membahas materi “Rahasia mendapatkan Rp 100 juta per bulan hanya dari jualan online”, Pembuat @Graduationku.id, Agung Trilaksono dengan bahasan peluang bisnis fotografi wisuda untuk mahasiswa, dan dosen kewirausahaan UIN Bandung, Nase Saepudin dengan memaparkan materi Bisnis millenial di era digital”. 

Setelah sesi tanya jawab dari keempat materi dan penampilan tari Sulawesi oleh STMJ, di akhir sesi acara terdapat diskusi intensif dengan membagi peserta ke dalam dua kelompok. Yang pertama, diskusi dengan Achmad Muzzamil mengenai kiat-kiat mendirikan usaha untuk mahasiswa yang belum memiliki usaha. Yang kedua, diskusi dengan Ridwan Hasan dan Agung Trilaksono mengenai langkah-langkah untuk mengembangkan usaha untuk mahasiswa yang sudah memiliki usaha. 

Baca juga:  Jadwal Wawancara Tahap Satu

Salah satu mahasiswi Jurnalistik, Raudhoh Azzahra  mengungkapkan keseruannya pada Talkshow Juwara 2019. Ia mengaku bisa menambah ilmu dan wawasan baru setelah bertemu pemateri hebat. Dan lebih mengenal kiat-kiat untuk bisa bersaing di pasar, juga semakin percaya diri untuk menjadi pebisnis muda yang sukses

Menurut ketua Himpunan Mahasiswa (HIMA) Jurnalistik, Reival Akbar menjelaskan bahwa talkshow Juwara adalah bagian dari program kerja HIMA Jurnalistik yang diinisiasi oleh bidang kewirausahaan. Tujuannya supaya diera millenial tidak mengandalkan pemerintah atau negara, karena menurutnya di kota besar seperti Bandung dan Jakarta semakin bertambah jumlah wisudawan dalam jangka satu tahun, namun jumlah lapangan pekerjaan jumlahnya sama saja (tidak bertambah).

Reporter : Gina Handayani 

Redaktur : Lia Kamilah

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas