Advertorial

Psychofezt 2019 Hadirkan Biruku Indonesia

Widya, seorang anak tunatra dari Biruku Indonesia sedang menyanyikan lagu Ibu Pertiwi dalam acara Psyco Fezt di Kampus dua, UIN SGD, Bandung, Minggu (16/11/2019). Acara ini merupakan Psychofezt yang diadakan oleh Dema Fakutas Psikologi UIN SGD Bandung. (Hasna Fajriah/Suaka)

SUAKAONLINE.COM – Bunyi ketukan jimbe dan kolaborasi tarian tradisional yang ditampilkan anak-anak disabilitas mulai menarik perhatian sebagian penonton di Area Kampus dua, UIN SGD Bandung, Sabtu, (16/11/2019). Penampilan anak-anak disabilitas yang berasal dari Biruku Indonesia ini menjadi penampil utama dalam Psychofezt yang diadakan oleh Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung.

Tak hanya menghadirkan Biruku Indonesia sebagai penampil utama dalam puncak Milad Psikologi, Psychofezt 2019 ini juga menghadirkan guest star Skamming Sunday, Juicy Luicy, Hoolahoop dan Rocket Rockers sebagai penutup acara. Rangkaian acara milad ini sudah diadakan sejak bulan Maret, diantaranya terdapat acara Islamic Psikological Festival (IPF),  Pysco Sport, dan juga Pekan Intelektual Psikologi.

Dengan mengusung tema “ Psychofezt Bisa dan Biruku Indonesia Berkarya”, acara ini dijadikan sebagai konser amal yang ditujukan untuk membantu anak-anak disabilitas Biruku Indonesia dalam berkarya. Biruku Indonesia merupakan komunitas anak-anak disabilitas yang berada di Kota Bandung yang memang khusus dan  fokus pada bidang kesenian. Kesenian yang di tampilkan berupa permainan alat musik jimbe, tarian tradisional, pembacaan puisi serta vocal oleh anak-anak tunanetra, tunadaksa, tunarungu, tunawicara, dan autisme.

Ketua Pelaksana Psychofezt 2019, Rendra Hannas Rahman menjelaskan bahwa latar belakang diadakan acara seperti ini untuk mengangkat anak-anak disabilitas yang masih dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang. “Kita ingin menembus batas-batas atau dinding-dinding omongan-omongan orang itu. Dengan cara membuktikan dan mengapresiasi bahwa mereka pun juga mampu berkarya seperti manusia normal,” ungkapnya saat ditemui Suaka pada jeda acara, Minggu, (16/11/2019).

Ia juga menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan bahwa Psikologi UIN SGD Bandung juga mampu berkompetisi dan memamerkan karya seni yang ada. Kemudian dikarenakan sempat vakum tidak menampilkan acara milad seperti ini, Psychofezt merupakan bentuk perwujudan kembali sejarah berdirinya Psikologi untuk menampilkan kegiatan pentas seni dan konser musik.

Baca juga:  Dua Dosen UIN Bandung Menjadi Peneliti Terbaik di BCRR 2019

Mahasiswi Psikologi, Deka sangat mengapreasi keberhasilan dalam mengadakan acara Psychofezt ini, “Diluar ekspektasi sih, soalnya kan dari tahun kemarin juga ngadain kaya gini tapi gagal, akhirnya malah ke promnight jurusan aja. Sedangkan yang sekarang ini dari yang saya dengar bener-bener mereka tuh effort nya habis-habisan, semuanya di porsir untuk mengadakan acara ini,” pujinya.

Selaras dengan Deka, Afif juga mengapresiasi dan menikmati acara tersebut. Menurutnya, acara Psychofezt ini dikatakan pecah dan bagus sekali karena sudah bisa membangkitkan lagi acara yang sempat hilang kemudian di adakan lagi. Ia juga mengajungi jempol untuk panitia acara yang telah berhasil mewujudkan acara Psychofezt dengan menghadirkan Biruku Indonesia dan guest star lainnya.

“Kerja keras dari panitianya patut diapresiasi, keren banget. Karena selain kita ada acara seru-seruan kaya gini tapi kita juga ingin memunculkan bahwa kita juga harus peduli dengan orang disabilitas yang mereka juga mempunyai kemampuan dan dapat diapresiasi, keadaan mereka itu dapat dihargai, jangan menganggap mereka beda dari kita.”jelasnya.

Afif juga berharap acara yang diadakan selanjutnya agar bisa terorganisir lagi sistem kepanitiaan, manajemen event, serta pengelolaan keuangan denga baik sehingga kedepannya acara seperti ini dapat berkembang, lebih besar acaranya, guest starnya lebih bagus lagi serta dapat diadakan kembali ditahun depan.

Reporter : Hasna Fajriah

Redaktur : Lia Kamilah

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas