Advertorial

SOE 2019, Menularkan Semangat Wirausaha Mahasiswa

Guna Dwi Putra (Kiri) dan Yogi Muhammad F.Y (kanan) sedang membawakan materi Digital Marketing dalam Seminar Spirit Of Enterpreneur di Anwar Musaddad, Rabu (20/11/2019). Acara ini mengusung tema “How To Read The Opportunity and Strategy To Manage Modern Business In The Are Of Millenial”, membahas tentang bagaimana cara mahasiswa yang ingin memulai usahanya. (Yorin Zela/Suaka).

SUAKAONLINE.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen UIN SGD Bandung menggelar acara seminar dengan mengusung tema “How To Read The Opportunity and Strategy To Manage Modern Business In The Era Of Millennial” di aula Anwar Mussadad, Rabu (20/11/2019). Diadakannya seminar ini bertujuan untuk mengedukasi mahasiwa agar dapat membaca peluang dan strategi untuk dapat mengelola bisnis modern atau kekinian di era milenial.

Spirit of entrepreneur (SOE) ini merupakan seminar yang ketiga kalinya dan bagian dari acara tahunan yang selalu diadakan rutin oleh HMJ Manajemen. Acara yang terbuka untuk umum ini membahas tentang bagaimana cara agar mahasiswa dapat memulai usahanya, dibuka oleh narasumber pertama seorang pengusaha muda Faldi Adisajana (The Winner Of Wirausaha Muda Mandiri and Finalist Of Global Student Enterprener) ia menceritakan pengalamannya untuk memotivasi mahasiwa agar memulai bisnis sejak dini,

 “Saya memulai usaha bisnis itu dari semester tiga temen-temen mahasiswa kalo mau memulai usaha yang penting kalian harus punya inovasi ide yang bisa kalian aplikasikan ke bisnis, memiliki produk yang unggul dan unik, harus tau market pasarnya, harus menjalankan nya dengan passion. Temen-temen mahasiswa bisa pake tools Business Model Canvas (BMC),” ungkapnya.

Berikutnya acara dilanjutkan dengan talkshow yang diisi oleh dua narasumber sekaligus, Marketing/Account Management Of Grabfood, Guna Dwi Putra dan Owner Of Baso Aci Ganteng And The Winner Of The Most Active Gofood’s Partner, Yogi Muhammad dalam talkshow tersebut memberikan pesan-pesan bagi mahasiwa yang ingin memulai usaha.

“Ketika ingin memulai bisnis saya yakin mahasiswa itu penuh dengan pikiran-pikiran atau ide-ide yang sangat cemerlang berhentilah untuk terus berusaha membuat ide yang bagus dan bagus lagi, cukup dengan satu ide itu di lock dan kuat karena sebaik-baiknya bisnis itu adalah bisnis yang berjalan,” jelasnya.

Baca juga:  Tunas Genaration Sukses Gelar Drama Musikal

Berbeda dengan Yogi, Guna mengatakan “Kalian harus jangan kaya mental tempe dalam artian kalian udh punya inovasi nih tapi kalian kendalanya engga action ya kalian harus kenal dulu passion kalian itu apa, terus jangan aji mumpung sekarang lagi tren makanan ini kalian terus aja berkutat disitu. Kalian harus punya pemikiran yang kuat jualan itu bukan cuma untuk sekarang tapi harus everlasting, jangan takut untuk gak ada modal intinya kalo kalian punya inovasi yang menarik gak menutup kemungkinan untuk investor datang,” tutupnya diakhir sesi talkshow. 

Di era milenial ini mahasiwa bisa jadi pencipta tren daripada hanya sekedar jadi pengekor dengan melihat peluang bisnis yang ada mengunakan Digital Marketing. Digital Marketing itu sangat di butuhkan  untuk generasi sekarang terutama sosial medianya ada beragam akses untuk para calon konsumen agar dapat melihat penawaran, seperti website, blog, media sosial.

Sementara Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Dudang Gojali menyampaikan harapannya agar dalam seminar ini mahasiswa FEBI khusunya Manajemen mampu menjadi penggerak ekonomi umat dan mampu memecahkan problem perekonomian masyarakat. “ Saya berharap kedepan mahasiswa FEBI khusunya manajemen mampu menjadi motor penggerak perekonomian umat dan mampu memecahkan problem-problem perekonomian yang ada di masyarakat.” pungkasnya.

Reporter : Yorin Zela

Redaktur : Lia Kamilah

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas