Kampusiana

Hampir Rampung, Kantin Kampus Dua Mulai Beroperasi 2020

Tampak kerangka bangunan calon kantin baru yang sedang dibangun di Kampus dua UIN SGD Bandung. Ukurannya kurang lebih memiliki panjang 30 meter yang terdiri atas 10 gerai. Rencananya proyek ini akan rampung bulan Desember dan mulai berfungsi pada semester genap tahun 2020. (Abdul Azis Said/Suaka)

SUAKAONLINE.COM – UIN SGD Bandung sedang dalam proses menyelesaikan empat proyek penambahan fasilitas perkuliahan di Kampus dua. Satu diantaranya ialah pembangunan kantin untuk sarana makan dan minum mahasiswa yang selama ini belum ada. Pengerjaannya dijanjikan bakal rampung hingga akhir Desember dan mulai beroperasi pada perkuliahan semester genap tahun depan. 

“Bulan desember akhir (rampung) pertanggal 20 atau tanggal berapa gitulah, paitnya dihitung akhir desember sebagai batas akhir waktu pengerjaannya dan januari sudah beres,” ungkap Kasubag TU dan Rumah Tangga (RT), Edy Fuady saat ditemui di ruangannya, Jumat, (29/11/2019)

Suaka sempat mengunjungi lokasi pembangunan dan memperoleh beberapa informasi dari mandor proyek, Rahmat. Ia mengatakan pengerjaan bangunan kantin sudah berjalan selama delapan minggu dan ditargetkan segera selesai dua minggu lagi. Lokasinya berada tepat di samping pintu masuk Jl. Cimencrang, berupa satu gedung permanen dengan panjang kurang lebih 30 meter dan disediakan sepuluh gerai untuk calon penjual. Masing-masing gerai berukurang panjang tiga meter, lebar dua meter dan tinggi empat meter.

Konsepnya berbentuk serupa dengan kantin di kampus 1 namun dengan jumlah pedagang yang lebih sedikit, hanya sepuluh pelapak. Bedanya lagi ialah pada sistem pengelolaannya, jika kantin di Kampus satu merupakan kantin binaan dari Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM), yang di Kampus dua sepenuhnya disewakan bukan lagi binaan. Pengelolaan sepenuhnya nanti akan menjadi wewenang dari Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pusat Bisnis.

Dalam keterangannya, Kepala UPT Pusat Bisnis, Aam Abdillah mengatakan meski pembangunannya baru dimulai pada penghujung tahun 2019, peminat untuk megisi lapak kantin Kampus dua sudah mendaftar sejak tahun lalu. Jumlahnya pun sudah mencapai 50 calon pengisi, termasuk juga  ia mengatakan opsi penyeleksiannya nanti dapat berupa lelang harga.

Baca juga:  Dua Dosen UIN Bandung Menjadi Peneliti Terbaik di BCRR 2019

“(pendaftaran) sejak tahun lalu, ketika mereka dengar katanya mau ada pembangunan padahal pembangunannya baru di penghujung tahun kan, yang mendaftar itu mereka belum tahu yang mau dibangun itu seperti apa, yang penting mereka itu berebut untuk daftar,” ungkapnya, Selasa, (26/11/2019).

Aam kembali menambahkan, pembangunan kantinmerupakan proyek yang mendesak. Pertimbangannya ialah belum adanya lokalisasi yang tetap bagi pedagang, sehingga membuka peluang masuknya pedagang liar ke dalam kawasan kampus.

“Hasil rapat dengan pimpinan yang saya lupa tanggalnya bahwa di Kampus dua itu belum ada fasilitas untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum mahasiswa, jangan sampai nanti terjadi para pedagang liar masuk, maka harus dibuat sarananya,” ujarnya.

Kabar ini disambut gembira mahasiswa di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Tidak terkecuali bagi mahasiswa jurusan jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) semester lima , Ai Ismi, mengatakan belum adanya kantin menjadi kendala yang hampir dirasakan semua mahasiswa di Kampus dua. Ismi menyebut selama ini ia dan teman-temannya hanya  mengandalkan pedagang di luar kampus untuk mencari makan, sementara lokasinya yang juga di seberang jalan menjadi kendala yang juga ia keluhkan.

“Alhamdulillah seneng banget sih udah ada kantin, meskipun kantin udah jadi tapi masjid malah belum. Kebantunya karena sebelumnya kan udah mah panas harus nyebrang kan terus kalau jajajnnya yang di depan gerbang yang pinggir jalan itu kan di samping selokan. Tapi kalau udah ada kantin pasti bakal enak banget asal jangan di luar kampus dan jangan gabung sama gedung kuliah, harus misah.” ujarnya, Jumat, (29/11/2019).

Reporter : Abdul Azis Said

Redaktur : Lia Kamilah

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas