Galeri

PKM, Memberikan Solusi Bagi Masalah Masyarakat

Konseling Kelompok. Lubi Nurzaman Magang

Konseling Kelompok. Foto: Lubi Nurzaman Magang

SUAKAONLINE.COM, BANDUNG — Pusat Konseling Masyarakat (PKM) merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak dalam bidang pelayanan sosial dalam bentuk konseling. PKM ini sendiri baru berdiri pada Desember 2013 dan kegiatannya dipusatkan di Masjid Besar Ujung Berung Kota Bandung.

“Memang masih baru, anggotanya baru 30 orang mereka mahasiswa yang berasal dari Unpad, UIN SGD Bandung, Unisba, dan PASIM,” kata Lismainah salah satu pembina PKM kepada Suaka, Minggu (9/3).

Dosen Psikologi Universitas Nasional Pengembangan Sistem Informasi Manajemen (PASIM) Bandung dan Psikolog di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat ini juga menambahkan, bahwa tujuan didirikannya PKM ini adalah untuk memberikan solusi atas permasalahan yang ada di masyarakat. “Tujuannya kita dapat memberikan solusi kepada masyarakat melalui konseling, terutama mengatasi masalah-masalah psikologisnya,” katanya.

Kegiatan PKM rutin diadakan setiap hari Minggu pagi, diisi dengan paparan materi seputar konseling dan praktik konseling. Hal ini diungkapkan oleh Lita Marlita salah satu Konselor yang masih kuliah di semester empat jurusan Bahasa Sastra Arab Universitas Padjajaran. “Rutin setiap Minggu pagi, saya ikut ini karena ingin menjadi fasilitator atau konselor untuk anak-anak,” katanya.

Banyak manfaat yang didapatkan dengan mengikuti konseling di PKM. Seperti yang dirasakan Herdi, mahasiswa Psikologi UIN SGD Bandung yang menjadi peserta konseling. “Pas tadi konseling saya dapet insight terutama pas bagian ke Islamannya seperti bahwa taubat itu harus spesifik,” ungkap mahasiswa semester delapan tersebut.

Reporter : Lubi Nurzaman/Magang

Redaktur : Adi Permana

Baca juga:  Aksi Sosial Bebersih Babarengan di Stadion GBLA
Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas