Galeri

Tiga Komikus Perancis Sambangi Bandung

DSC_0974

The Muslim Show. Foto: Ahmad Rijal Hadiyan/Suaka

SUAKAONLINE.COM, BANDUNG — Penerbit Mizan mendatangkan trio komikus “The Muslim Show”. Mereka adalah Noredine Allam, Greg Blondin, dan Karim Allam. Trio komikus ini menyambangi Indonesia dalam salah satu rangkaian acara Festival Mizan 2014 bertajuk “The Muslim Show’ Goes To Indonesia”.

Mereka mengisi workshop dan kuliah umum mengenai komik  pada Jumat (14/3) di Ruang Seminar FSRD ITB, Jln. Ganesha No. 10. “The Muslim Show” sendiri adalah judul dari serial komik yang berkisah tentang keseharian Muslim Perancis. Dalam komiknya, trio komikus tersebut menampilkan cara hidup warga muslim Perancis dalam menjalani kesehariannya di tengah isu global. Dua jilid komik The Muslim Show telah diterbitkan di Indonesia oleh Penerbit Mizan sejak Februari lalu.

Dalam kuliah umumnya, trio komikus tersebut memaparkan bagaimana mereka membentuk kekhasan dalam komik mereka. Mereka meramu pesan yang ingin mereka sampaikan melalui gambar-gambar yang kaya akan metafora. Penggunaan metafora dan simbol menjadi ciri khas dari karya-karya mereka. “Kami membutuhkan waktu cukup lama untuk menemukan metafora yang pas,” papar Noredine Allam dalam bahasa Prancis.

Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan pada sesi tanya jawab. Puluhan peserta workshop yang hadir merupakan hasil seleksi melalui pengumpulan portofolio. Workshop dimulai seusai salat Jumat hingga sore. Usai workshop, Noredine Allam dan kawan-kawan beranjak ke Lt.2 Gramedia Merdeka, Jln.Merdeka.

Reporter : Ahmad Rijal Hadiyan/Suaka

Redaktur : Adi Permana

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas