Galeri

Prima Mulia: Pewarta Foto Harus di Garis Depan

IMG01504-20140319-1424

Salah seorang pengunjung sedang melihat foto-foto yang dipamerkan. (Foto: WIsma Putra/Suaka)

SUAKAONLINE.COM — Menjadi pewarta foto tak lepas dari berbagai polemik, biasanya sebelum reporter di suatu media di turunkan, pewarta poto selalu menjadi tim di garis depan dalam perannya.

Tak jarang para pewarta foto diturunkan di medan perang danzona berbahaya seperti demontrasi masa.

Prima Mulia, Pewarta foto Tempo, yang mengisi Workshop di Aula Fidkom mengatakan, “Seorang pewarta foto harus ada di garis depan sebelum reporter, yang di mana hasil foto yang dipotretnya membawa pesan dan informasi awal untuk masyarakat,” ujarnya, Kamis (20/3) siang.

Dalam pembicaraannya, Prima mendapatkan pertanyaan dari  Restu mahasiswa Jurnalistik UIN bandung yang menanyakan, “Jika dalam demonstrasi ada orang yang membakar diri, mana dulu yang di prioritaskan. Apakah memotret dahulu, atau menolong orang tersebut?” ujarnya.

Menanggapi pertanyaan tersebut Prima mengatakan, selain harus ada di garis depan, seorang pewarta foto harus mampu menempatkan diri. Contohnya saja ketika mereka diturunkan dalam peliputan demonstrasi, yang dimana dalam demonstrasi hal apapun dapat terjadi.

“Prioritaskan dahulu untuk menolong, jika sempat lalu lakukan pengambilan gambar,” ujarnya.

Selain itu, Prima mengatakan,bahwa  seorang pewarta harus mementingkan sefty demi menunjang suatu peliputan berita dalam melancarkan segala peliputannya di lapangan.

“Kerja sama tim,  masuk dalam sefty journalism, yang dimana teman atau patner liputan akan saling membantu dalam peliputan.”

“Tim atau patner, mempunyai fungsi yang di mana kita sebagai wartawan baru dan belum menguasai medan,  patner tersebut akan memberi informasi tambahan dan membawa kita untuk menghapal medan,” ujarnya saat menutup Workshop potografi, di acara Kaleidioskop Photo’s Speak.

Reporter : Wisma Putra/Suaka

Redaktur : Adi Permana

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas