Kampusiana

Rektor UIN Bandung Ajak Masyarakat Kembangkan Pariwisata Syariah

(Foto: Dede Lukman Hakim/Suaka)

(Foto: Dede Lukman Hakim/Suaka)

SUAKAONLINE.COM — Rektor UIN SGD Bandung Deddy Ismaatullah mengajak masyarakat mengembangkan pariwisata berbasis syariah. Ajakan tersebut diserukan Deddy saat memberi sambutan di Seminar Nasional Pariwisata Syariah yang diselenggarakan Hima Muamalah, Rabu (15/4).

“Banyak hal-hal yang kembali pada syariah seperti ekonomi dan hukum, pariwisata menjadi sektor yang potensial untuk dikembangkan dengan basis syariah,” kata Deddy.

Deddy juga mengungkapkan bahwa syariah dalam berbagai bidang harus dikembangkan. Syariah, terutama dalam ekonomi, banyak diminiati oleh berbagai negara.

“Sistem syariah mulai diterapkan di berbagai negara, jika Indonesia masih terus melestarikan sistem kapitalis maka tak lama lagi negara ini hanya tinggal nama,” jelasnya.

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Oyo Sunaryo juga mengungkapkan hal serupa. Menurutnya pemerintah harus segera merealisasikan tempat-tempat wisata berbasis syariah.

“Indonesia memiliki potensi pariwisata yang luar biasa, namun seringkali tempat wisata itu ternodai dengan berbagai tindak asusila dan budaya asing yang merusak. Solusinya adalah harus segera diwujudkan pariwisata berbasis syariah,” Jelas Oyo.

Selain fasilitas, lanjut Oyo, kenyamanan juga tergantung keseriusan pengelola mengurus kebutuhan ibadah bagi para pengunjung.

“Masih sering ditemukan tempat wisata yang tidak menyediakan fasilitas ibadah, termasuk arah kiblat. Hal ini perlu diperhatikan dalam rencana adiluhung pemerintah mewujudkan pariwisata yang berbasis syariah,” pungkasnya.

Reporter : Fatia Ruhbaiyah, Adam Rahadian Ashari/Magang

Redaktur : Adi Permana

Baca juga:  Bekerjasama dengan UiTM Malaysia, FSH UIN Bandung Gelar Seminar Internasional
5 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas