Kampusiana

UIN Bandung Jalin Kerjasama dengan Kampus Malaysia

_MG_4005

Penandatanganan MoU antara UIN SGD Bandung dengan Sultan Petra International Islamic College of Kota Bharu, Klantan Malaysia (Foto : Wisma/Suaka)

SUAKAONLINE.COM — Rombongan Sultan Petra International Islamic College of Kota Bharu, Klantan Malaysia bertemu dengan Rektor UIN SGD Bandung Dedy Ismatullah, Kamis  (24/4) di Auditorium Senat Gedung Rektorat UIN SGD Bandung.

Wakil Ketua Eksekutif Abdul Azis Muhammad Zaen selaku ketua rombongan Sultan Petra International, Malaysia menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) dengan UIN SGD Bandung yang diwakili oleh Rektor Dedy Ismatullah. Dalam sambutannya, Rektorr UIN SGD Bandung mengatakan  bahwa penandatanganan MoU tersebut untuk menggalang kerjasama dengan Sultan Ismail Petra International Islamic College, Malaysia.

“Bentuk kerjasama  bisa berupa pertukaran mahasiswa, dosen, serta  penelitian – penelitian yang menunjang proses belajar antar universitas,” papar Deddy. Ia menambahkan, bahwa ia menyambut baik kerjasama yang terjalin antara dua institusi pendidikan dari negara yang berbeda dan siap mengirimkan delegasi.

Selain persoalan akademik seperti pertukaran mahasiswa, dosen, penelitian serta penulisan karya ilmiah, dengan adanya MoU kita akan saling mengenal aspek–aspek ekonomi, sosial, kesehatan, hukum dan lain – lain.

Sementara Abdul Azis Muhammad Zaen mengharapkan pihak–pihak yang bekerjasama agar mendapatkan kebaikan dari kedua pihak. “Kerjasama yang diharapkan selain dari proses belajar, karya – karya ilmiah, dan konferensi,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa kerjasama ini menghubungkan kepentingan mahasiswa. Lebih diutamakan pengkajian agama Islam dilihat dari segala aspek. Tiap tahun pertukaran mahasiswa mencapai 5 orang. Sultan Ismail Petra International Islamic Collage, Malaysia memiliki jumlah mahasiswa sebanyak 2550 mahasiswa dari 2 program dan terbagi menjadi 15 jurusan.

Penandatanganan MoU, selain dihadiri oleh wakil rektor beserta staf, juga diikuti oleh mahasiswa UIN SGD Bandung yang berasal dari negara Malaysia dan Thailand. “Dalam kerjasama ini, semoga saja semakin banyak anak Malaysia yang bisa berkuliah di UIN SGD Bandung,” pungkas Khairuddin, mahasiswa asal Malaysia yang kuliah di UIN SGD Bandung Jurusan Perbandingan Agama.

Reporter : Ratu Arti, Wisma Putra/Suaka

Redaktur : Adi Permana

7 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas