Kampusiana

Ketua LP2M : Tak Ada Imbalan Uang Bagi Peserta KKM Tematik

 

Dok. HMJ Pendidikan Fisika UIN Alaudin

Dok. HMJ Pendidikan Fisika UIN Alaudin

SUAKAONLINE.COM — Merebak kabar bahwa mahasiswa yang mengikuti KKM Tematik mendapatkan uang bayaran, memicu keinginan para mahasiswa untuk mengikuti KKM Tematik. Selain mendapatkan bayaran, KKM Tematik diminati karena waktu pelaksanaannya yang lebih dulu dari KKM reguler. (Baca juga : Ini Syarat Mengikuti KKM Tematik 2014 )

Salah satu peserta KKM Tematik 2013, Ratu Aisyah (21), mahasiswa Jurusan Hubungann Masyarakat memaparkan, pelaksanaan KKM Tematik tahun 2013 lalu mendapatkan fasilitas transport pemberangkatan KKM Tematik, mendapatkan baju, mendapatkan alat untuk mengajar termasuk bahan ajar dan mendapatkan uang setelah KKM selesai.

“Kalau selama KKM itu memang usaha sendiri. Setelah KKM dikasih uang 125 ribu per orangnya kalau gak salah, gak seberapa sih jauh dari target,” tuturnya.

Kabar peserta KKM Tematik mendapat imbalan dibantah oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN SGD Bandung, Syukriadi Sambas. Menurutnya tidak ada imbalan apapun untuk peserta KKM Tematik.

“Akan tetapi cost tersebut untuk mengakomodir operasional pelaksanaan penyelenggaraan KKM-nya saja, kalau masih terdanai mungkin saja untuk transport pemberangkatan dan pemulangan,” ungkapnya saat ditemui Suaka, Senin (12/5/2014).

Pernyataan ketua LP2M meluruskan kabar yang saat ini diyakini benar oleh para mahasiwa yang ingin mengikuti KKM Tematik. Padahal menurut Syukriadi dalam pelaksaannya tidak ada imbalan uang yang diberikan bagi para peserta KKM Tematik.

“Dana operasional penyelenggaran KKM digunakan untuk pengadaan bahan ajar, pedoman KKM Tematik, pengurusan izin pelaksanaan KKM Tematik, transportasi, termasuk juga honor dosen pembimbing, pengadaan buku ajar, dan pembuatan identitas peserta KKM Tematik,” jelasnya.

Program KKM Tematik merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar). Setiap kampus menerima langsung dana operasional penyelenggaran KKM Tematik dari Pemprov Jabar. Kemudian dana operasional tersebut, disalurkan pada fasilitas-fasilitas penunjang pelaksanaan KKM Tematik.

Reporter : Fatia Ruhbaniyah/Suaka

Redaktur : Adi Permana

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas