Kampusiana

Aher Lepas 3000 Mahasiswa Peserta KKN Tematik 2014

KKM Tematik 2014

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (baju putih) saat menyematkan jas almamater kepada salah satu peserta KKN Tematik 2014. (Foto: Anggara Adhe Putra)

SUAKAONLINE.COM — Pelepasan perserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2014 perguruan tinggi se-Jawa Barat dilaksanakan di Auditorium Pusat Dakwah Islam (PUSDAI) Jawa Barat, Senin (23/6/2014). Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan secara langsung melepas 3000 mahasiswa yang berasal dari 51 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Jawa Barat.

Aher, sapaan Ahmad Heryawan, berharap dengan diadakannya kegiatan KKN Tematik di tahun ketiga ini, mahasiswa dapat memahami potret yang ada dimasyarakat. “Program-program kerja harus memilki orientasi keberpihakan terhadap masyarakat” katanya saat ditemui Suaka di sela-sela acara.

Menurutnya, kita memiliki sumber daya alam yang melimpah, tapi belum mampu dikelola dengan baik oleh sumber daya manusianya. “Insyallah kalau itu bisa dilakukan, kita mampu menjadi Jabar kahiji (Ke satu, Red-),” ujarnya. Ia juga berpesan, mahasiswa harus menjadi job creator dan mahasiswa harus mampu menjadikan lingkungan kampus sebagai tempat pembelajaran.

Sementara salah satu peserta KKN Tematik 2014, Raden Arbain mengamini ikhwal program kerja yang akan dilaksanakan oleh para peserta KKN Tematik 2014. “Program-program yang akan dilaksanakan nanti harus mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat banyak,” ucap mahasiswa Universitas Siliwangi Tasikmalaya itu.

Mahasiawa Jurusan Kesehatan Masyarakat semester enam ini mencurahkan harapnya. “Semoga dengan diadakannya KKN Tematik ini, pengabdian masyarakat yang tertuang didalam tridharma perguruan tinggi dapat dilaksanakan dengan baik oleh mahasiswa,” katanya.

KKN Tematik 2014 mengambil tema “Jabar Maju Bersama Kampus Mewujudkan Masyarakat yang Maju dan Sejahtera Untuk Semua”. Bertujuan untuk mencapai akselerasi kemajuan masyarakat, peningkatan indeks kesehatan, pendidikan, dan daya jual masyarakat.

KKN Tematik sendiri merupakan agenda tahunan pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini sudah menginjak tahun ketiga sejak dicanangkan pada tahun 2012. Kegiatan yang diikuti oleh 51 Universitas se-Jawa Barat akan diselenggarakan dari bulan Juni sampai September.

Reporter : Anggara Adhe Putra

Redaktur : Adi Permana

12 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas