Lingkungan dan Kesehatan

GPS, Aksi Nyata Warga Bandung

Dok. merdeka.com

Dok. merdeka.com

SUAKAONLINE.COM, BANDUNG — Leading sector BPLH Kota Bandung melaksanakan program Bandung Cleanaction. Program tersebut adalah Gerakan Pungut Sampah (GPS) yang akan menjadi program rutinan setiap Senin, Rabu, dan Jumat. Program GPS baru di launching, Senin (23/6/2014) di Taman Konservasi Tegalega Bandung.

Sekitar 1.000 warga dari 40 komunitas, Muspida, instansi, swasta, TNI, Polri, dan perwakilan seluruh kelurahan serta kecamatan menghadiri launching GPS yang dilanjutkan dengan kegiatan memungut sampah. Selain launching di Tegalega, pada waktu yang sama, GPS juga berlangsung di 1.561 RW, 151 kelurahan, 30 Kecamatan se-Kota Bandung.

GPS merupakan tindak lanjut dari Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspimda) di Kota Bandung tentang “Gerakan Cinta Bandung Bersih dan Hijau” yang ditandatangani (10/12/2013). Selain itu, gerakan ini merupakan realisasi dari “Deklarasi Menuju Indonesia Bersih Sampah 2020” yang ditandatangani Presiden dan anggota kabinet Februari lalu.

Walikota Bandung, Ridwan Kamil berharap Launching GPS, yang juga bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia , tak hanya sekedar acara seremonial. Lebih dari itu ia berharap acara tersebut dapat menggugah kesadaran masyarakat akan kondisi lingkungan yang sebenarnya. Ia juga mengajak masyarakat untuk melakukan aksinyata dari hal yang terkecil.

“Contoh kecil, mari kita ajarkan anak atau keluarga di rumah untuk buang sampah pada tempatnya. Bila ini bisa dibudayakan, dampaknya akan luar biasa bermanfaat,” papar Ridwan Kamil dalam sambutannya.

Repoter : Ahmad Rijal Hadiyan

Redaktur : Nita Juniati

4 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas