Lintas Kampus

MUI Kecam Keras Kampanye Hitam

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin. (Dokumen: suara.com)

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin. (Dokumen: suara.com)

SUAKAONLINE.COM, Jakarta — Akhir-akhir ini, kampanye hitam beredar di beberapa daerah di tanah air. Beredarnya tabloid Obor Rakyat adalah contoh nyatanya. Tabloid tersebut berisi berita yang mendiskreditkan pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo – Jusuf Kalla.

Maraknya kampanye hitam yang beredar di masyarakat membuat Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin angkat bicara. “Saya mengecam keras berbagai kampanye hitam yang berisi fitnah dan ghibah terhadap kedua belah pihak (Capres dan Cawapres),” ujarnya saat mengisi taushiyah MUI di bilangan Menteng Jakarta Pusat, Selasa (24/6/2014).

Menurutnya, kampanye hitam selain dapat mengurangi kualitas demokrasi, hal tersebut dapat menimbulkan pertentangan. Dirinya berharap pemilih tidak terpengaruh dengan adanya kampanye hitam dan menghimbau masyarakat agar memilih dengan menggunakan hati nuraninya.

Taushiyah tersebut digelar dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1435 H. Turut hadir pula Ketua Ukhuwah Islamiyah MUI, Umar Shihab beserta perwakilan dari beberapa Ormas islam di Jakarta.

“Dengan adanya momentum Pilpres di bulan Ramadhan, kita harap ukhuwah islamiyah tetap terjaga dan jangan sampai rusak. Apapun hasil Pilpres kelak, kita jangan sampai terpecah,” ujar perwakilan dari Badan Musyawarah Organisasi Islam Wanita Indonesia (BMOIWI), Fatri Hayani.

Terkait Pilpres yang berlangsung di bulan Ramadhan, MUI berpesan bahwa dalam memberikan dukungan kepada pasangan Capres dan Cawapres pilihan, bersikaplah secara wajar dan jangan berlebihan. MUI menyerukan kepada seluruh umat islam agar mengedepankan tenggang rasa dalam menyikapi perbedaan pilihan dan tidak terjebak dalam pertentangan dan permusuhan yang dapat menggoyahkan Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Wathaniyah.

 

Reporter       : Muhammad Faisal Al’anshori

Redaktur      : Nita Juniati

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas