Lintas Kampus

Proyek Mythos Tampilkan Karya Seniman Penjuru Dunia

Suasana saat Artist Talk dengan seniman dari penjuru dunia, di Cafe Roemah Senin Sarasvati, Sabtu (5/7/2014). (Foto : Nita Juniati)

Suasana saat Artist Talk dengan seniman dari penjuru dunia, di Cafe Roemah Senin Sarasvati, Sabtu (5/7/2014). (Foto : Nita Juniati)

SUAKAONLINE.COM, Bandung – Pembukaan pameran Mythos digelar, Sabtu (5/7/2014) di Roemah Seni Sarasvati (RSS) Bandung. Dihadiri tujuh orang seniman dari berabagai negara. Seniman tersebut diantaranya Arik Roper (Amerika), Clogtwo (Singapura), Dan McPharlin (Australia), Florian Bertmer (Jerman), Goorm (Indonesia), JC Richard (Amerika), dan Kilas (Singapura).

Acara yang digagas oleh Perusahaan kreatif asal Singapura, Villains bekerjasama dengan RSS akan berlangsung 5 hingga 19 Juli 2014. Mythos menampilkan karya-karya seniman yang berasal dari berbagai negara, serta karya tambahan dari seniman yang ikut berpartisipasi. Pameran ini pun berupaya untuk mendorong para seniman lokal, yang juga ikut menampilkan karyanya.

Mythos tersebut berkaitan erat dengan dongeng kuno yang menghubungkan antara manusia dan asal-usul dengan berbagai cara yang berhubungan dengan fenomena alam. Sehingga Villains mempersembahkan Mythos, berupa sebuah tontonan karya yang indah dari seniman berbagai negara untuk memberikan penghormatan pada mitos dan budaya yang mereka bawa.

Karya yang dipamerkan, sebagian besar seniman menggunakan media screen printing untuk proses pembuatan karya dua dimensi. Media tersebut pun, merupakan representasi yang dinamis antara seniman dan kurator. Hal itu berupaya membangkitkan minat para pelaku seni dan kolektor terhadap media screen printing.

Menurut salah seorang pengunjung, Latifah merasa terkesan dengan karya-karya yang dipamerankan karena memiliki nilai seni yang tinggi. “Pameran-pameran kayak gini harus tetap diadakan, karena dapat memberikan motivasi kepada seniman-seniman yang ada di Indonesia, khususnya seniman Bandung,” jelasnya ketika ditemui di RSS.

Adapula beberapa rangkaian acara dalam pembukaan Mythos, yaitu acara live darwing dan screen printing, artist talk, serta acara pamungkas live acoustic dari Bin Idris dan Rusa Militan. Dari pantauan Suaka acara pembukaan pameran berlangsung dengan meriah yang dihadiri para penyuka seni, mahasiswa, dan umum.

Reporter              : Nita Juniati

Redaktur             : Robby Darmawan

5 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas