Lintas Kampus

Aksi Damai Ormas Se-Jawa Barat Untuk Palestina

Ribuan orang sedang melakukan aksi damai untuk mendesak Pemerintah Indonesia dan PBB memerdekakan Palestina, Jumat (11/7/2014). (Foto : Anne Maulidiani Della).

Ribuan orang sedang melakukan aksi damai untuk mendesak Pemerintah Indonesia dan PBB memerdekakan Palestina, Jumat (11/7/2014). (Foto : Anne Maulidiani Della).

SUAKAONLINE.COM, Bandung — Ribuan orang yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Massa (Ormas) Islam se-Jawa Barat melakukan aksi damai mendesak Pemerintah Indonesia serta Perserikatan Bangsa – Bangsa untuk segera memerdekakan Palestina, Jumat(11/7/2014). Aksi damai tersebut dimulai setelah shalat jumat, bergerak dari Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai) hingga Masjid Al – Ukhuwah, Balai Kota.

“Kami memiliki 3 poin sebagai tujuan kami melakukan aksi. Dan Insya Allah ini baru menjadi aksi pertama, kami akan galang Ormas lebih banyak lagi, hingga dapat menjadi tekanan yang kuat tehadap dunia internasional,” ungkap salah satu koordinator aksi, Agus Al-Muhajir.

Menurut Agus, 3 poin tersebut adalah pertama menyampaikan kepada masyarakat bahwa di Gaza ada tragedi kemanusiaan, bukan agama saja. Kedua, menuntut adanya pernyataan tegas dari pemerintah terhadap permasalahan Palestina, dan ketiga menginginkan adanya kepedulian dari warga Indonesia, bahwa kita bisa membantu mereka (warga Gaza- red) salah satunya dengan penggalangan dana.

“Tapi tetap, tuntutan kami siapapun yang bertanggung jawab atas pembantaian ini perlu dimasukan kedalam peradilan internasional.” tambah Agus.

Wakli Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar sangat mengapresiasi aksi damai ini. Menurutnya, salah satu tindakan nyata yang bisa dilakukan warga Bandung adalah penggalangan dana, sehingga diharapkan dapat terkumpul dana sebesar mungkin.

Secara politik, diharapkan pemerintah yang baru dapat memberikan kontribusi dengan mengangkat dan menyelesaikan masalah Palestina, agar dapat sejajar dengan Negara lain.

“Tugas kita saat ini berdoa sungguh-sungguh, semoga langkah kita, gerakan kita dapat keridhaan dari Allah,” harapnya saat memberikan orasi di depan Gedung Sate bersama masa aksi.

Salah satu peserta aksi, Satia Syifa berharap, dengan aksi ini orang-orang akan terketuk hatinya untuk membantu penduduk Gaza. “Memang sudah seharusnya sesama umat manusia kita saling tolong-menolong,” ujarnya.

Reporter       : Anne Maulidiani Della

Redaktur      : Robby Darmawan

 

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas