Lintas Kampus

1171 Peserta Beswan Mengikuti Tes Tahap II

Dok. www.djarumfoundation.org

Dok. www.djarumfoundation.org

SUAKAONLINE.COM, Bandung – Sebanyak 1171 peserta yang berasal dari  13 universitas negeri dan swasta di Bandung mengikuti tes tahap II Djarum Beasiswa  Plus (Beswan), di Gedung Bandung  Covention Center (BCC), Kamis (14/8/2014).

Tim Djarum Foundation, Sapto mengatakan, Peserta yang mengikuti tes tahap II telah lulus tes verifikasi ditahap I dengan mengumpulkan berkas-berkas dan sertifikat prestasi sebagai syarat penilaian.

“Diseleksi tahap II ini mereka melakukan tes akademik dan psikotes sebagai syarat kelulusan untuk maju ke tahap berikutnya,” katanya.

Teknis pelaksanaan tes akdemik dilakukan selama 4 jam, dengan 6 bentuk test tulis dan dibatasi  waktu yang singkat.

Sapto mengatakan, sistem tes ialah dengan menggunakan sistem gugur, “Jika peserta gugur di tahap sebelumnya maka tak bisa mengikuti tahap selanjutnya,” ujarnya.

Dari data yang dihimpun Suaka. Pendaftaran dilaksanakan pada bulan April lalu sekalisus penerimaan (tes tahap I),  melakukan tes seleksi tahap II dan III pada 8 Juli – 24 Agustus, 25-30 Agustus verifikasi untuk memastikan peserta yang lolos seleksi dan pengumuman pada 31 Agustus untuk mendapatkan beasiswa yang diberikan 1 September 2014 – 31 Agustus 2015.

Para penerima Beswan mendapatkan dana pendidikan setiap bulan selama 1 tahun. Selain dana beasiswa, para penerima Beswan juga mendapatkan pembekalan berbagai macam soft skills, guna menyerasikan antara pencapaian akademik (hard skills) yang diperoleh di kampus dengan berbagai keterampilan agar para penerima Beswan Djarum dikemudian hari menjadi manusia yang cakap intelegensia dan emosional.

Kegiatan soft skills yang diberikan diantaranya: nation building; character building; leadership development; competition challenges; community empowerment; serta international exposure.

Sementara itu untuk jumlah kuota per universitas yang akan masuk ke tahap berikutnya tidak ditentukan. “Jika nilai mereka masuk standar penilaian nasional maka mereka akan masuk,” ungkapnya.

Dari 1171 peserta, hanya 283 peserta yang lolos ke tes berikutnya. Salah satu mahasiswa UIN SGD Bandung yang masuk tes berikutnya, Ayu Pertiwi menyatakan bangga bisa mewakili kampusnya.

“Yang paling diinginkan memang pelatihan soft skills nya dan relasi mahasiswa dari kampus lain. Karena saya yakin teman-teman yang akan lolos di Beswan 2014 ini sangat berbakat dan kreatif, sehingga suatu kebanggan bagi saya bisa bergabung bersama dengan mereka,” pungkasnya.

Reporter              : Wisma Putra

Redaktur             : Robby Darmawan

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas