Kampusiana

BPPKB dan PIKMA FIDKOM Gelar Talkshow Peringati Hari AIDS se-Dunia

dr. Ronald Jonatan (tengah) dan Agung SKM saat memberikan materi tentang HIV/AIDS. (Foto: Robby Darmawan)

dr. Ronald Jonatan (tengah) dan Agung SKM (kiri) saat memberikan materi tentang HIV/AIDS. (Foto: Robby Darmawan)

SUAKAONLINE.COM — Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kota Bandung bekerjasama dengan Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (PIKMA FIDKOM) menggelar Talkshow HIV/AIDS memperingati hari AIDS se-dunia 2014, di Auditorium UIN SGD Bandung, Sabtu (6/9/2014).

Acara yang mengusung tema “Bandung Tanpa Diskriminasi Menuju Generasi Berencana” tersebut dihadiri oleh sekitar 300 orang peserta dari berbagai wilayah se-Bandung. Talkshow HIV/AIDS dihadiri oleh pemateri Ronald Jonatan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) serta Agung SKM dari Dinas Kesehatan Kota Bandung.

Kepala BPPKB Kota Bandung Siti Masnun Sasmiati menjelaskan saat ini penderita HIV di Indonesia mencapai tahap yang mengkhawatirkan. Bahkan PBB, lanjut Siti, menempatkan Indonesia sebagai negara dengan tingkat pertumbuhan penderita HIV/AIDS tercepat se-Asia.

Ia menerangkan saat ini Bandung menjadi kota dengan tingkat penderita HIV tertinggi se-Jawa Barat dengan 57,9% diantaranya merupakan penderita dengan usia produktif 20-29 tahun. Dengan talkshow ini ia berharap peserta tahu bagaimana cara untuk menanggulangi virus HIV/AIDS tersebut.

“Jauhi virusnya bukan mendiskriminasi para penderitanya,” ujarnya saat menyampaikan sambutan.

Salah satu peserta Amung Munandar mengapresiasi acara ini, ia menilai acara ini dapat mengedukasi mahasiswa untuk tahu lebih banyak tentang bahaya dan bagaimana cara untuk menanggulangi virus HIV. “Sebelumnya saya kurang tahu soal HIV, makanya saya datang ke acara ini. Alhamdulillah saya jadi lebih banyak tahu,” terang mahasiswa Teknik Informatika semester enam tersebut.

Acara yang dimulai dari pukul 07.30 ini dimeriahkan pula oleh penampilan grup musik Etnik Sunda Religi (ESJI) serta pemutaran film bertemakan HIV/AIDS berjudul Bunga Semusim. Ditutup oleh penampilan musik dari juara Competition RAP BKKBN Kota Bandung.

Reporter : Robby Darmawan

Redaktur : Adi Permana

9 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas