Fresh

AIU Comic, Komik Lokal Rasa Internasional

 

Para pembuat AIU Comic saat memerkan karya komik mereka. (Foto: Robby Darmawan)

Para pembuat AIU Comic saat memerkan karya komik mereka. (Foto: Robby Darmawan)

SUAKAONLINE.COM, Bandung — Geliat industri komik Indonesia perlahan mulai bangkit. Penulis dan ilustrator komik Indonesia mulai unjuk gigi dengan menempuh jalur independen; berkumpul dalam suatu komunitas komik dan menelurkan karya.

Adalah AIU Comic. Komunitas sekaligus studio komik yang berdiri sejak April 2014 ini menjadi salah satu komunitas yang aktif mengeluarkan komik khas Indonesia.

Manager AIU Comic, Muhammad Iqbal menuturkan bahwa dalam pembuatan komik, mereka lebih fokus pada komik lokal. Namun, penjulannya telah merambah pasar mancanegara seperti Amerika, Singapura, Perancis dan Filipina.

“Ada lagi komik yang akan diterbitkan di Arab dan Dubai. Di Indonesia tetap terbit, tapi tetap dimasukan ke luar negeri dengan dua bahasa,” ujar Iboy sapaan akrabnya kepada Suaka, Kamis (23/10/2014).

Menurut Iboy, penjualan komik di luar negeri merupakan strategi pemasaran. Ia menilai pasar Indonesia masih berkiblat ke luar negeri. Maka untuk membuat trend di Indonesia, harus membuat trend dulu di luar negeri.

“Ini merupakan suatu strategi dalam perkenalan. Maka kita bikin dulu trend di Amerika. Kita ingin buat gebrakan di luar.Ketika itu muncul dan diketahui oleh orang Indonesia, maka mereka akan mengikuti trend itu,” katanya bersemangat.

Bekerjasama dengan komikus senior Usyah Budin, AIU Comic berupaya untuk mengembalikan masa keemasan komik Indonesia. Salah satunya dengan menulis kembali petualangan terbaru dari komik legendaris Pendekar Bambu Kuning.

“Harapan saya untuk komik Indonesia semoga menjadi booming lagi, tapi kita tidak pengen asal, yang ingin berstandar internasional, seperti Pendekar Bambu Kuning dari pak Usyah yang abadi,” pungkasnya.

Reporter : Robby Darmawan

Redaktur : Muhamad Faisal Al’anshori

8 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas