Terkini

Tiap Jam, 2 Nyawa Hilang Akibat Narkoba

[Suakaonline]-Lebih dari 8.800 jiwa atau 1,98 % masyarakat provinsi Jawa Barat merupakan pengguna narkoba. Setiap tahunnya sekitar 152 jiwa hilang karena narkoba. Itu berarti setiap harinya 42 nyawa atau 2 nyawa setiap jamnya hilang karena narkoba.

Narkoba semakin akrab dengan kalangan remaja yang serba ingin tahu. Kalangan pelajar menjadi salah satu objek sasaran distributor narkotika, nikotin dan obat-obatan terlarang lainnya. Meski obat-obat ini sebagian masih bisa dimanfaatkan dalam bidang medis, namun kerugiannya jauh lebih besar bila salah dalam penggunaannya.

Meski banyak ancaman tentang mengkonsumsi dan menyebarluaskan narkoba, tetap saja barang yang  sering disebut-sebut haram ini tak lupus dari edaran masyarakat. Seperti ancaman hingga 10 tahun penjara, denda hingga 10 miliyar hingga ancaman kematian.

Hal tersebut diungkapkan sekertaris Badan Narkotika Provinsi Jawa Barar, H.A. Engkus Sutisna ST. MT yang hadir pada seminar penyuluhan narkoba, Rabu (02/05) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Hukum Pidana Islam di Auditorium Fakultas Syariah dan Hukum.

Sarjana lulusan teknik ini juga memberikan berbagai arahan sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba. Utamanya bagi kalangan pelajar. Ia menghimbau kita sebagai masyarakat agar bisa menghindar dari rokok, karena rokok merupakan salah satu barang yang bisa membuat kita ketagihan dari zat aditifnya. Selain itu, kita juga harus berhati-hati dalam memilih teman, belajar berkata “TIDAK” dan mengembangkan pretasi yang ada.

Sebagai bukti bahwa dunia narkoba itu merugikan, panitia juga menghadirkan salah seorang mantan pemakai narkoba. “Setiap harinya saya menyuntikan heroin 3 jam sekali. Saat mencoba untuk berhenti saya sakau selama 3 hari 3 malam. Saya tidak bisa tidur, kepala saya rasanya mau pecah,” tutur Lili Herawati menceritakan pengalamannya.

Seminar yang sekaligus sebagai peringatan Milad Jurusan Hukum Pidana Islam ini dimulai sejak pukul 09.30 WIB hingga 13.00 WIB.[] Hilda Kholida/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas