Kampusiana

Pelaksanaan KKM 2015 Dimulai Akhir Januari

Pengumuman informasi KKM tahun 2015 yang ditempel di depan Gedung Lecture Hall, Selasa (6/1/2015)

Pengumuman informasi KKM tahun 2015 yang ditempel di depan Gedung Lecture Hall, Selasa (6/1/2015)

SUAKAONLINE.COM – Pelaksanaan Kuliah Kerjanyata Mahasiswa (KKM) 2015 bagi mahasiswa UIN SGD Bandung dimulai tanggal 28 Januari mendatang. Hal ini diungkapkan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN SGD Bandung, Undang Ahkam saat ditemui Suaka di Gedung Lecture Hall, Selasa (6/1/2015).

Undang menjelaskan, agenda KKM dimulai dengan pendaftaran yang dilaksanakan tanggal 12-16 Januari 2015 bertempat di Gedung Lecture Hall lantai 1, pembagian kelompok tanggal 20 Januari, dan pemberangkatan tanggal 28-30 Januari. (Lihat : Agenda Kegiatan KKM 2015)

“Pemberangkatan akan dilakukan tiga gelombang, karena menghindari macet, seperti yang terjadi pada pemberangkatan KKM sebelumnya. Ini juga berdasarkan dari tujuan tempat yang sejalur, yaitu Garut, Tasik, dan Ciamis,” papar pria berkaca mata tersebut.

Pemilihan bulan Januari, menurut Undang karena tidak mungkin KKM dilaksanakan awal atau tengah periode antara bulan Juni atau Agustus karena peserta yang ikut akan membludak. “Tidak mungkin kampus memfasilitasi mahasiswa sebanyak itu,” ungkapnya.

Mahasiswa yang tercatat mengikuti KKM sebanyak 3332 mahasiswa. Semua peserta KKM adalah mahasiswa angkatan 2011 yang telah menyelesaikan semester 7 atau 75% jumlah SKS. Persyaratan lainnya yaitu melampirkan tanda lunas SPP semester genap tahun akademik 2015, mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan foto ukuran 2×3 berwarna.

Lebih lanjut Undang menerangkan bahwa pendaftaran KKM tidak dipungut biaya. Ia berharap mahasiswa yang mengikuti KKM dapat mengikuti sesuai jadwal yang sudah ditentukan dan tertib administrasi.

“Kemudian dosen pembibing dan mahasiswa mampu membuat laporan perjalanan, monografi, pemetaan lokasi yang didasari pada masalah dan solusinya. Lalu semua yang terlibat dalam KKM ini sesuai dengan yang ada dalam Buku pedoman KKM,” pungkasnya.

Reporter : Fadlli Robbi

Redaktur : Robby Darmawan

28 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas