Terkini

Antara Kolam Ikan dan Rawa

[Suakaonline]-Terlihat seperti rawa, tapi siapa kira bahwa itu adalah sebuah kolam tak terawat di perkarangan Mesjid Iqomah UIN Bandung. Kolam tersebut dipenuhi tumbuhan tanaman liar, sehingga hampir tak terlihat seekor ikan pun yang berenang.

Ketika wawancara soal kebersihan lingkungan mesjid, Burhan, Ketua DKM Mesjid Iqomah,  mengungkapkan pihaknya akan melakukan pembersihan menjelang rehabilitasi mesjid pada Bulan Juli 2012 mendatang.

“Mengenai soal kebersihan, kenyamanan, dan keamanan, kita akan melakukannya ketika menjelang rehabilitasi. Termasuk pembersihan eceng gondok yang ada di kolam,” cetusnya kepada Suaka, Selasa (5/6).

Entah kolam atau rawa, tapi yang jelas itu adalah kolam yang tak terawat, begitulah ungkap Ahdiyanti (20), Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris. Dirinya menyatakan tidak ada perbedaan antara pepohonan dengan kolam ikan tersebut karena sama-sama hijau. “DKM sepertinya tidak pernah melakukan tindakan guna membersihkan kolam ini, soalnya dari dulu sampai sekarang keadaan kolam gitu-gitu ajah! Enggak ada indah-indahnya!” tuturnya.

Senada dengan Asep, Aktivis Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM), dirinya berpendapat bahwa kolam ikan tersebut memang sangat memperihatinkan.

“Meskipun Sekertariat LDM terletak di lingkungan mesjid, itu bukan kewenangan kita untuk bertanggung jawab membersihkan itu. Misalnya pun ada got mampet itu kan kewenangannya DKM, tapi mereka sendiri tidak bisa berbuat apa-apa,” ungkapnya. Dari website resmi DKM UIN Bandung yang Suaka lansir, dkmbdg.blogspot.com, dikatakan dalam Program Aksi poin 3 bahwa kebersihan, kenyaman, dan kondusif bagian dari kesadaran.[] Pradi/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas