Terkini

Terhambat Akreditasi, Mahasiswa Manajemen Tunda Kelulusan

[Suakaonline]- Sebanyak 6 mahasiswa program studi (Prodi) Manajemen  dan Administrasi Negara UIN Sunan Gunung Djati Bandung terpaksa harus menunggu kelulusan hingga keputusan akreditasi disahkan oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi  (BAN PT). Dikarenakan kedua prodi tersebut berbenturan dengan aturan pemerintah No. 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi yang menyatakan, bahwa prodi yang belum diakreditasi tidak boleh menyelenggarakan sidang kelulusan.

Dekan Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Sahya Angara, mengatakan, bahwa pengajuan akreditasi prodi Manajemen dan Administrasi Negara sudah diajukan ke BAN PT  dan saat ini kedua prodi tersebut baru selesai di visitasi dan selangkah lagi menuju akreditasi.

“Kendala kita untuk menyelenggarakan sidang kelulusan bagi mahasiswa manajemen dan Adminstrasi Negara adalah, terbenturnya dengan aturan negara yang menyatakan bahwa mahasiswa sah dinyatakan sebagai sarjana itu harus dari prodi yang sudah diakreditasi. Sedangkan untuk Manajemen dan Administrasi Negara baru satu bulan di visitasi. Tinggal menunggu hasil dari BAN PT yang akan keluar sekitar tiga sampai empat bulan mendatang,” ujar Angara kepada Suaka, Kamis (6/9).

Ia pun menambahkan, apabila Fakultas memaksakan untuk tetap menyelenggarakan sidang kelulusan dan meluluskan mahasiswa dari prodi yang baru dibentuk pada tahun 2007 ini, lembaga dan mahasiswa akan mendapatkan sanksi.

“Jika kita memaksa tetap menyelenggarakan ada sanksi hukumnya, seperti dicabut gelar akademik mahasiswa yang lulus dari prodi yang belum terakreditasi. Selain itu penyelenggara  akan terkena hukuman 10 tahun penjara dan denda 1 Milyar dan lembaga akan dibekukan,” pungkas Angara.

Pihaknya pun berharap mahasiswa dapat memahami kondisi tersebut, dimana pihaknya ingin melihat anak didiknya diwisuda dengan memperoleh gelar.

Sementara itu dipihak mahasiswa yang ditunda kelulusnya menyatakan kecewa dengan kondisi seperti itu. Linda Herawati, mahasiswi prodi Administrasi Negara, mengungkapkan bahwa ia ingin  cepat membereskan masa kuliahnya.

“ Saya merasa kecewa dengan ditudanya sidang kelulusan, tapi mau bagaimana lagi itu sudah kebijakan dari sananya, kita tidak bisa berbuat apa-apa. Saya hanya berharap semua cepat selesai dan adanya kejelasan dan transparansi dari Fakultas tentang akreditasi,” ungkap Linda. [] Iqbal Tawakal/Suaka

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas