Terkini

Membersihkan Shock Breaker Motor dengan Tali Sepatu

Perpindahan sementara gedung perkuliahan UIN Sunan Gunung Djati Bandung berdampak banyak bagi civitas akademik, terutama mahasiswa. Salah satu dampaknya yaitu mahasiswa harus menempuh jarak yang lebih jauh dari kosan atau asrama yang terlanjur mereka tempati sebelumnya, bahkan harus menggunakan angkutan umum. Tak sedikit mahasiswa yang akhirnya menggunakan sepeda motor untuk menghemat pengeluaran daripada menggunakan angkutan umum.

Memang menggunakan sepeda motor lebih hemat biaya dan waktu. Namun harus diimbangi juga dengan perawatan, terutama dalam segi penampilan dan kebersihan motor. Apalagi kalau sudah kena hujan, motor jadi kotor akibat cipratan kendaraan lain. Mencuci motor  tampaknya jadi kewajiban mahasiswa yang punya motor. Ada pun yang banyak uang dan tidak ada waktu atau ingin hemat energi lebih memilih salon motor. Tapi bukan mahasiswa namanya kalau tidak mengirit uang, jadi biasanya mencuci motor sendiri daripada harus keluar uang.

Ada beberapa cara supaya tunggangannya jadi tampak mengkilap, ada yang menggunakan shampo motor, deterjen, sabun colek, bahkan ada juga yang menggunakan sabun cuci piring. Memang kekurangan dari mencuci motor sendiri tidak bisa menjangkau bagian-bagian kecil, dan akhirnya bagian-bagian itu dilewatkan. Salah satu bagiannya yaitu per shock breaker belakang, terutama per bagian dalam. Padahal jika lama tidak dibersihkan akan menimbulkan karat pada bagian tersebut.

Ada cara mudah untuk membersihkan bagian tersebut, alat yang digunakannya pun mudah didapat. Alatnya hanya menggunakan tali sepatu. Carannya dengan melingkarkan tali sepatu ke per shock breaker, lalu ditarik-tarik dari atas sampai bawah. Lakukan berkali-kali sampai bersih. Cara ini juga bisa digunakan pada bagian-bagian lain, salah satunya bisa pada jari-jari roda motor. [] Iyan Sfh./  SUAKA

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas