Kampusiana

Beasiswa 2015 Soroti Mahasiswa Kurang Mampu

M. Ali Ramdhani

(Dok. Suaka)

SUAKAONLINE.COM– Beasiswa tahun ini difokuskan untuk mahasiswa kurang mampu yang berprestasi. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Rektor III bagian Kemahasiswaan, Muhammad Ali Ramdhani. Ali mengatakan bahwa mahasiswa kurang mampu yang berprestasi perlu di afirmasi oleh lembaga donor.

“DIPA, Bidik Misi dan Super Semar juga membahas SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu, -Red). Jadi gini, kalau yang berprestasi tapi mampu, biarkanlah di apresiasi oleh masyarakat. Tetapi kalau mahasiswa yang kurang mampu dibantu oleh lembaga-lembaga donor,” ujar Ali Ramdani, Kamis (12/3/2015).

Namun, beasiswa yang dilakukan oleh instansi swasta seperti BCA dan Djarum, memang untuk mahasiswa berprestasi. Ali menambahkan, untuk sosialisasi beasiswa dari instansi swasta, dilakukan sendiri oleh instansi yang bersangkutan dan pihak kampus hanya merekomendasikan.

“Ada dua mekanisme sosialisasi, ada yang dipercayakan ke pihak kami melalui wakil dekan tiga yang jangkauannya lebih dekat dengan mahasiswa, dan yang melakukan penyaringan. Lalu ada sosialisasi yang dilakukan oleh instansi donor seperti BCA dan Djarum,  kita hanya merekomendasikan,” tambah pria asal Kabupaten Garut tersebut.

Hal ini dibenarkan oleh kepala bagian kemahasiswaan, Asep Saepuddin. Mahasiswa kurang mampu yang mencapai IPK lebih dari 2,75 berhak mendapatkan beasiswa sesuai kuota yang telah ditentukan.

“Beasiswa yang sekarang ini, dikhususkan bagi mahasiswa yang kurang mampu, yang ipk-nya lebih dari 2,75 kalau kurang dari itu, kami tidak bisa mengakomodir untuk mendapatkan beasiswa,” ujar Asep.

Ali menghimbau kepada mahasiswa yang mendapatkan beasiswa, agar memanfaatkan sebaik-baiknya membelanjakan secara baik dan benar, dan tidak konsumtif.

“Jangan konsumtif, gunakanlah untuk membeli konteks yang mendukung proses belajar. Itu kan peruntukannya untuk meningkatkan kapasitas akademik dan itu cara pikir mahasiswa. Saya percaya mereka membelajakan secara baik dan benar,” pungkas Ali.

Reporter         : Edi Prasetyo, Ulfah Choerun Nisa/ Magang

Redaktur        : Isthiqonita

3 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas