Terkini

Pewarta Foto Berbicara

Dalam rangka memperingati hari kebebasan Pers Sedunia yang jatuh pada tanggal 3 Mei, Lab Fotografi Unpad, bekerjasama dengan Wartawan Foto Bandung (WFB) dan Jurusan Jurnalistik Fikom Unpad mengadakan acara diskusi HAKI (Hak atas kekayaan intelektual) yang bertemakan “hak cipta karya jurnalistik, milik siapa?” yang diselenggarakan di gedung Bale Rumawat Universitas Padjajaran Jalan Dipati ukur no.35 Bandung, Selasa (03/05).

Diskusi tersebut dipandu oleh Rana Akbari (tempo) dengan menghadirkan pembicara Bagir Menan (Ketua Dewan Pers), Miranda Risang Ayu (Pakar HAKI), dan Budhiana (Pimpinan Redaksi Harian Umum Pikiran Rakyat). Acara yang terbuka untuk umum ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, tetapi juga dihadiri oleh kalangan wartawan dari berbagai media.

Acara yang berlangsung dari pukul 09.00 sampai dengan 12.30 ini membahas mengenai kejelasan akan status hasil dari hak cipta karya jurnalistik itu sendiri, sebetulnya milik perusahaan tempat jurnalis itu bekerja atau milik jurnalis itu sendiri? Menurut para pembicara, hak cipta ada di fotografi, tapi apabila seorang jurnalis tersebut bekerja di suatu perusahaan, sesuai dengan Undang-undang haknya ada di perusahaan tersebut. Haknya adalah hak moral. Ada sebuah kutipan yang diucapkan oleh Bagir Menan yang cukup menarik “Tanpa kebebasan kita akan terbatas.” []Resita Noviana/ SUAKA

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas