Lintas Kampus

Pemprov Jabar Usulkan Kujang Sebagai Warisan Budaya Dunia

Dinas Pariwisata

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Wahyu Iskandar menerima kenang-kenangan sebagai pembicara pada acara 2,5 Jam Dialog Interatif Bersama Tokoh Insfiratif Jawa Barat sekaligus peresmian Tugu Kujang UIN Bandung di Aula UIN SGD Bandung, Selasa (25/3/2015). (Ridwan Alawi/Magang).

SUAKAONLINE.COM, Bandung Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) tengah mengusulkan senjata khas Jawa Barat, kujang sebagai warisan budaya tak benda (intangible) kepada Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO). Saat ini proses pengusulan tersebut sudah sampai pada pembahasan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Sekarang usulan kujang ke UNESCO itu sudah sampai tingkat pusat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ujar Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Wahyu Iskandar seusai mengisi acara 2,5 Jam Dialog Interatif Bersama Tokoh Insfiratif Jawa Barat sekaligus peresmian Tugu Kujang UIN SGD Bandung, Selasa (25/3/2015).

Tak hanya Kujang, Pemprov Jabar juga telah mengusulkan kesenian dan kebudayaan khas Jawa Barat lainnya diantaranya batik, angklung, topeng Cirebon dan sisingaan untuk diusulkan pada UNESCO sebagai warisan dunia. Wahyu juga mengatakan, saat ini ada 77 warisan tak benda yang sedang Indonesia usulkan pada UNESCO.

Hal ini dilakukan sebagai bukti dari keseriusan Pemprov Jabar terhadap program-program kebudayaannya. Wahyu juga mengungkapkan Provinsi Jabar mendapat pengharagaan dari Kemendikbud atas kepedulian terhadap kebudayaan, “Jadi (Jabar) satu satunya di Indonesia yang konsen terhadap bidang cagar budaya dan kemuseuman,” kata Wahyu pada Suaka.

Selain itu diharapkan pula adanya pengakuan internasional serta tidak adanya klaim dari negara-negara lain seperti yang terdahulu, “Usulan ini karena ingin ada pengakuan secara internasional, jangan sampai ada pengakuan dari negara lain,” pungkasnya.

Reporter : Ridwan Alawi/Magang

Redaktur : Robby Darmawan

5 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas