Kampusiana

Waspadai Pergerakan ISIS

ISIS

Dok. tempo.co

SUAKAONLINE.COM—Indonesia merupakan sumber dukungan yang potensial bagi Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). mengingat posisi Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia. Umat Islam di Indonesia perlu hati-hati dan mewaspadai isu pergerakan ISIS di Indonesia.

Kapala Jurusan Perbandingan Agama UIN SGD Bandung, Deni Miharja mengungkapkan ISIS merupakan sebuah model dari adanya upaya ingin adanya penegakan syariat islam.

“Tetapi melihat dari aspek yang ditunjukan ternyata bertentangan dengan Islam terutama dari gerakan-gerakan yang cenderung pada aspek kekerasan bahkan menebar teror dan sebagainya,” ujar Deni saat ditemui oleh Suaka di ruangannya, Kamis (26/03/2015).

Disinggung mengenai unsur apa yang melatar belakangi adanya ISIS di Indonesia, Deni mengungkapakan bahwa setidaknya ada dua. Ada konteks agama ukuwah islamiyah, lalu mereka yang bergabung dengan ISIS terpanggil karena ISIS ingin menegakkan ajaran Islam.

Faktor ekonomi juga menjadi motif untuk perekrutan calon anggota ISIS di Indonesia. Dengan diiming-imingi imbalan yang besar dan menggiurkan membuat orang tertarik dan dengan sukarela bergabung dengan ISIS.

“Generasi muda jangan tergiur dengan janji –janji manis yang akhirnya akan mencelakakan dirinya. Dan tentunya penguatan dari tokoh agama kepada penganut agama bahwa Islam itu penuh dengan cinta damai, itu yang harus ditekankan dan dimunculkan,” kata Deni.

Menurut Yayan, politik sangat kental dengan ISIS. Karena ada kepentingan secara global bagaimana Islam dicitrakan secara negatif. “Sehingga saat sesama islam berperang , bisa jadi ada yang tertawa. Ini bukan hanya tentang agama politik juga ngaruh,” tambah Deni.

Ia menghimbau, umat Islam dunia khususnya Indonesia jangan sampai dimanfaatkan oleh pihak luar sehingga Islam jauh dari label teroris yang selama ini dilekatkan atas nama Islam.

Reporter : Muhammad Iqbal/Magang

Redaktur : Robby Darmawan

3 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas