Lintas Kampus

Kenangan Masa Lalu, Menjadi Insiprasi Pameran Lukisan Hanafi

Oksigen Jawa

Hanafi (paling depan) saat menjawab pertanyaan dari wartawan, Rabu (15/4/2015). Hanafi menghadiri press conferece kegiatan pameran tunggal Biografi Visual Oksigen Jawa di Galeri Soemardja, Kampus ITB, Bandung. (SUAKA/Muhamad Faisal)

SUAKAONLINE.COM, Bandung — Kenangan masa lalu yang dialami oleh Hanafi, menjadi inspirasi atas karya-karyanya yang ditampilkan pada pameran lukisan tunggal berjudul “Biografi Visual Oksigen Jawa”. Pameran yang bertempat di Galeri Soemardja kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), rencananya digelar mulai Jumat (17/4/2015).

“Lukisan-lukisan berangkat dari pengembangan gagasan-gagasan berdasarkan kenangan,” ujar Hanafi kepada media di selasar Galeri Soemardja kampus ITB Bandung, Rabu (15/4/2015). Menurutnya, hak yang paling konkret dan hakiki adalah kenangan.

Terdapat 15 buah lukisan dan beberapa instalasi seperti tempat tidur, beras, kayu dan mesin jahit. Penampilan pameran ini berbeda dengan konsep pameran pada umumnya yang cenderung menonjolkan karya dari pelukisnya. Ia memadukan pencahayaan dan instalasi untuk menguatkan interpretasi atas lukisan-lukisannya.

“Mas Hanafi bekerja dalam ingatan,” ujar Kiki Sulisyito. Kiki merupakan penyair yang turut meramaikan kegiatan pameran ini. Lelaki asal Lombok itu menambahkan bahwa seni tidak perlu dikaitkan dengan dikotomi, baik berupa batas wilayah, letak geografis maupun disiplin ilmu. Semuanya bisa melebur menjadi satu.

Pameran ini dilaksanakan dengan beberapa rangkaian kegiatan seperti diskusi sastra, pertunjukan teater, workshop kostum teater, workshop performance art, diskusi seni rupa dan masih banyak yang lainnya. Selama satu bulan ke depan, kegiatan ini akan memanjakan bagi mereka yang menikmati dunia seni dan satra.

Reporter : Muhamad Faisal A.

Redaktur : Robby Darmawan

3 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas