Terkini

Kegiatan Tahunan UKM Mahapeka di Suku Baduy

[Suakaonline]-Keberangkatan angkatan muda UKM Mahapeka UIN Bandung ke Suku Baduy kemarin 13 September-13 Oktober 2011 adalah agenda tahunan UKM Mahapeka bekerjasama dengan Pemprov Banten. Dalam kegiatan tersebut Mahapeka mengirimkan anggota yang belum mempunyai nomor anggota Mahapeka, yang terdiri dari 8 orang angkatan muda dan dibimbing oleh satu orang supervisor.

“Tujuan kedatangan kami kesana adalah membimbing, karena walaupun notabenenya agama Islam, namun dalam prakteknya kurang dipahami. Mereka pun respect terhadap kegiatan kita. Mereka merespon pada kegiatan kita. Mereka menerima. Sehingga tidak ada kendala, khususnya penolakan,’ ujar Asep di saat ditemui di sekretariat Mahapeka.

Karena tertundanya jadwal kegiatan OPAK, maka setidaknya kegiatan kunjungan ini pun mengganggu rutinitas kuliah. “Biasanya kegiatan Mahapeka tidak mengganggu kuliah, namun berhubung ada keterlambatan Orientasi Pengenalan Akademik (OPAK), karena ada yang harus disumbangkan barang dari peserta OPAK, jadi kegiatan kami pun ikut delay. Dan itu kembali kepada personalnya,” jelasnya.

Para angkatan muda tersebut memiliki kegiatan mengajar anak SD, SMP, dan membantu penduduk, seperti membantu merenovasi masjid dan fasilitas umum. Menurut Peri Heryanto, salah satu angkatan muda yang mengikuti kegiatan ini, ia merasa senang.

“Masyarakatnya terbuka dan welcome banget sama kegiatan yang dilakukan Mahapeka. Mereka mengikuti kegiatan kami dengan baik, walaupun ketika kami mengajar, hanya sedikit ilmu yang bisa disampaikan. Karena memang bukan hanya tahun ini saja Mahapeka datang ke kampung tersebut,” ungkapnya.

Peri berharap bahwa baksos yang dilaksanakan oleh UKM Mahapeka ini dapat bermanfa’at dan masyarakat Baduy merasa terbantu. Dan besar harapan untuk kedepannya, semoga masyarakat yang sudah disinggahi itu bisa lebih sejahtera dan makmur sentosa. []Sri Mulyani/ SUAKA

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas