Terkini

UKK, UKM, dan Organisasi Ekstra Kampus Buka Pendaftaran

[Suakaonline]-Memasuki semester ganjil atau tahun ajaran baru saat ini, para aktivis kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung seperti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa),  UKK (Unit Kegiatan Khusus), maupun organisasi ekstra kampus tidak ingin ketinggalan eksis. Beberapa stand telah berjajar di sepanjang jalanan kampus yang menjadi lintasan strategis para mahasiswa guna memberi informasi seputar organisasi mereka ataupun  melakukan open recruitment (penerimaan anggota) untuk para mahasiwa yang berminat.

Salah satunya adalah organisasi ekstra kampus Persatuan Umat Islam (PUI) yang mendirikan stand-nya didepan gedung Student Center (SC) yang juga berada diantara deretan stand-stand yang lain. “Hari ini hari pertama kita membuka stand dan baru mendapat 3 orang pendaftar,” ungkap Mala selaku Sekretaris bidang kaderisasi Himpunan mahasiswa (HIMA) PUI UIN SGD  Bandung ini, Rabu (12/10). Organisasi Persatuan Umat Islam (PUI) merupakan organisasi yang berada dibawah naungan Ormas (Organisasi  Massa Islam).

Selain itu, disamping stand PUI, berdiri pula stand UKK Koperasi Mahasiswa (KOPMA) yang juga mengaku merupakan hari pertama mereka menggelar open recruitment bagi para mahasiswa yang berminat. KOPMA adalah sebagai salah satu UKK yang bergerak di bidang kewirausahaan. “Tujuannya diadakan recruitment itu sendiri, selain untuk regenerasi kepengurusan, juga kami sangat perlu sekali enterpereneur-enterpreneur yang mampu bersaing,” jelas Jainudin, selaku mantan pengurus KOPMA 2010. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 85.000, dengan rincian Rp. 40.000 untuk kaos, dan Rp. 45.000 untuk keperluan kegiatan seminar, seperti makan, fasilitas notebook, sticker,dan lain-lain.  “Tahun ini, target pencapaian peserta yang daftar sebanyak 200 orang,” ungkap Dede yang mengaku bakal calon Ketua Kopma ini.

Berbeda halnya dengan UKM Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM). Stand-nya terletak di pelataran masjid UIN SGD Bandung.  Salah satu UKM yang sudah seringkali mendapat peminat terbayak se-UIN Bandung ini juga baru menggelar open recruitment-nya pertama kali pada  hari Rabu (12/10). “Saat ini yang sudah mendaftar baru 3 orang,” ujar Asmaul Husna salah satu anggota yang sedang menjaga stand. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 35.000. “Tahun kemarin, kita sampai menggelar recruitment sampai 3 kali, karena ketika menggelar open recruitment yang kedua kalinya, tetapi apabila masih banyak peminat, ya kita buka lagi. Dalam satu kali recruitment, pendaftar bisa mencapai sebanyak sekitar 100 orang lebih, dan tiap tahun selalu meningkat,” lanjut Asmaul Husna. Kegiatan dari LDM sendiri ialah bukan hanya berkonsentrasi pada dakwah untuk publik saja, tetapi untuk bidang Hubungan Masyarakat, Taman Kanak-kanak (TK), Tutorial, Muslimah, dan Center Dakwah Islami.

Selain organisasi-organisasi tersebut, masih banyak lagi organisasi-organisasi menarik lainnya yang dapat diikuti dan ditekuni bidangnya guna mengembangkan diri dan potensi yang dimiliki mahasiswa. Santi/SUAKA

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas