Fresh

Masjid Al-Imtizaj, Masjid Bernuansa Tionghoa

Masjid

Seorang warga sedang melintas di depan Masjif Al-Imtizaj, Banceuy, Bandung, Rabu (29/4/2015). Masjid ini mempunyai ornamen khas Tionghoa. (Fitriani Utami/Magang).

SUAKAONLINE.COM, FreshAssalamualaikum Fresh Reader, sudah tahu belum kalau Bandung itu punya masjid berornamen tionghoa? Yaps, masjid yang terletak di Jalan Banceuy No.8 ini merupakan masjid yang berdiri berkat adanya usulan para mualaf tionghoa, yang ingin memperdalam ilmu Agama Islam.

Selain untuk beribadah, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat belajar warga tionghoa dalam mensyiarkan dakwah Islam. Masjid Al-Imtizaj yang memiliki arti pembauran ini telah berdiri sekitar pertengahan 2010 lalu. Kawan-kawan mualaf tionghoa menyampaikan keinginanya untuk membangun masjid agar dapat menyatukan mereka dengan muslim lainnya.

Masjid yang kental dengan arsitektur budaya Tionghoa ini, memiliki bagunan yang sengaja didesain sedemikian rupa mirip kelenteng. “Tujuannya sih supaya suadara-saudara mualaf tionghoa bisa akrab dengan suasana masjid ini, mereka kan sedang beradaptasi dengan Islam. Jadi, mereka bisa beribadah dengan nyaman,” ujar ketua DKM Masjid Al-Imtizaj Muhammad Yahya Ajlani, Rabu (29/4/2015).

Ia juga menambahkan bahwa di sekitar area mesjid dipelihara ikan-ikan untuk memanfaatkan lahan yang ada, serta menghindari agar tidak ada yang membuang sampah ke saluran air. Mesjid ini sangat terbuka untuk umum, namun bagi yang ingin berkunjung jam buka dan tutupnya disesuaikan dengan waktu shalat. Yaitu pada pagi hari biasanya pukul sembilan pagi dan akan ditutup kembali setelah shalat isya.

So, bagi Fresh Reader yang ingin melakukan wisata rohani, tunggu apalagi? Ayo datang dan ambil hikmahnya ya guys.

Reporter: Hasna Salma dan Fitriani Utami Dewi/Magang

Redaktur: Desti Nopianti Priatna

Baca juga:  Api Obor Asian Games 2018 Sambangi Bandung, Warga Antusias
7 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas