Terkini

Demonstrasi Mahasiswa Warnai Dies Natalis UIN ke-43

[Suakaonline]-Pelataran kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung dipadati para demonstran dari Forum Demokratisasi Kampus (FDK) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Kabupaten Bandung, Senin (10/10). Aksi digelar bertepatan dengan momentum Dies Natalis UIN yang ke-43. Aksi massa FDK bergerak dari  pukul tujuh pagi disusul massa HMI.

Aksi masa FDK menuntut untuk dipercepatnya pembangunan kampus agar tidak mengganggu proses pendidikan dan kegiatan organisasi intra kampus. Bahkan Ateng bersama dan kelompoknya berencana mengadakan kontrak sosial perihal kejelasan pembangunan dengan tim pembangun UIN Bandung.

“Namun dari acara taunan kali ini ada satu pertanyaan kami, kenapa mendatangkan mentri kehutanan bukan mentri pendidikan atau mentri agama, ada maksud apa ini sebenarnya?” Tambah Ateng.

Tidak jauh berbeda dengan Ateng, aksi massa HMI menuntut Rektor UIN Bandung mengadakan akselerasi pembangunan infrastruktur kampus, menindak tegas dosen yang kurang kompeten serta perbaiki sistem pembelajaran dengan mengadakan penelitian soft skill bahasa secara teologi. Mereka juga meminta pertanggungjawaban kepeminpinan rektor selama sepuluh tahun ini.

Solihin, salah seorang petugas keamanan yang telah mengabdi selama 47 tahun ini memaklumi aksi para mahasiswa tersebut. “Gak apa-apa itukan hak mahasiswa, menyampaikan aspirasinya selama tidak anarkis. Insyallah ga’ akan terjadi apa-apa, ya… ini udah jadi tugas kami. Kami menurunkan 17 anggota tiap kali ada acara-acara  seperti ini,” tuturnya.

Di sisi lain, salah seorang kontraktor pembangunan UIN bagian infrastruktur mengaku bingung dengan tuntutan para mahasiswa. Misalnya soal pelarangan penebangan pohon yang dilakukan UKM Mahapeka. “Saya bingung, apa sih yang sebenernya yang dituntut dari temen-temen mahasiswa? Kenapa terkesan engga menanggapi secara positif pembangunan kampus ini. Menuntut sesuatu, tapi yang terjadi malah menghambat tuntutannya sendiri.” []Dewi, Nia/ SUAKA

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas