Kampusiana

Menjadi Citizen Journalist Masa Kini

AVP NET.TV News, Kemal Ramdhan  sedang memberikan materi tentang Citizen Journalist, pada seminar Roadshow NET.TV yang digelar di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi lantai 4. Seminar tersebut diselenggarakan oleh NET.TV bekerja sama dengan BEM-J Jurnalistik Bidang Nalar, Selasa (5/5/2015). (Intan Resika/ Kontributor)

AVP NET.TV News, Kemal Ramdhan sedang memberikan materi tentang Citizen Journalist, pada seminar Roadshow NET.TV yang digelar di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi lantai 4. Seminar tersebut diselenggarakan oleh NET.TV bekerja sama dengan BEM-J Jurnalistik Bidang Nalar, Selasa (5/5/2015). (Intan Resika/ Kontributor)

SUAKAONLINE.COM – “Journalist its all about story,” ujar AVP NET.TV News, Kemal Ramdhan saat memberikan materi dalam seminar Roadshow NET. TV, Selasa (5/5/2015). Roadshow NET.TV Citizen Journalist (CJ) menjadi salah satu rangkaian acara dalam Jurnalistik Fair 2015.

Roadshow NET.TV CJ ini mengusung tema “How To Be a Good Journalist”. Dengan tema tersebut, pemateri menyampaikan cara-cara untuk melakukan aktivitas jurnalistik ala citizen journalist. Cara yang dilakukan bisa dimulai dengan hal yang mudah. Misalnya mencatat serta merekam setiap hal-hal menarik di lingkungan sekitar.

Pemateri juga mengajak seluruh peserta untuk memanfaatkan fasilitas yang ada sebagai media untuk melakukan aktivitas jurnalistik. Bahkan, dengan menggunakan kamera handphone saja sudah bisa membuat suatu berita. “Menjadi jurnalis itu mudah. Bagaimana kejelian dan kepekaan teman-teman yang harus dilatih” ungkap Kemal.

Pria yang telah 14 tahun bekerja di dunia pertelevisian tersebut juga mengungkapkan berkat kemajuan era digital, siapa saja bisa menceritakan dan memberitakan suatu peristiwa. Maka dari itu, NET.TV sebagai media ingin mewadahi masyarakat yang melakukan aktivitas jurnalistik dalam program NET.TV CJ. Caranya, dengan mengirimkan video suatu peristiwa beserta naskah dari berita tersebut ke redaksi Net.TV.

Salah satu peserta Roadshow NET.TV , Febri Dwiyanti Isbet mengungkapkan tanggapannya kepada Suaka usai acara “Acaranya bagus banget. Sekarang jadi tahu kalau mau buat dan mengirim berita itu mudah. Jadi termotivasi untuk kirim berita ke CJ NET.TV,” ujar Febri.

Baca juga:  Studi Banding, BEM UNTAR Kunjungi SEMA UIN SGD Bandung

Reporter: Fitriani Utami Dewi/ Magang

Redaktur: Isthiqonita

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas