Kampusiana

IOC, Penampung Cosplayer Muslim

Cosplay

Beberapa cosplayer hijab dari Islamic Otaku Community ( IOC ). (Doc Pribadi)

SUAKAONLINE.COM Hijab bukan lagi masalah bagi perempuan pecinta kebudayaan asal Jepang, Cosplay. Kini hadir komunitas yang mewadahi muslimah berhijab, yakni Islamic Otaku Community (IOC).

IOC merupakan wadah bagi para pecinta Jepang atau biasa disebut Otaku, yang beragama Islam khususnya. Komunitas tersebut berdiri 4 April 2014 lalu. Meski baru menginjak usia satu tahun, IOC memiliki beberapa chapter yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Diantaranya di Bogor, Depok, Jogja, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Makasar, dan Bandung.

Komunitas tersebut berpusat di Jakarta. “Untuk chapter Bandung sudah mulai membuka pendaftaran untuk menjadi anggota IOC,” ujar Anis Tsaqila mahasiswa UIN SGD Bandung yang juga merupakan anggota IOC chapter Bandung.

Para cosplayer perempuan menggunakan kerudung sebagai pengganti rambut palsu yang biasa digunakan oleh cosplayer lain. “ Ya jadi kita berusaha buat semirip mungkin tapi tetep pake kerudung,” ujar Anis saat di temui di festival UIN Matsuri, Minggu (24/5/2015).

Selain mengadakan cosplay hijab IOC juga membuat manga dengan tema – tema islami. Tokoh manga yang di hadirkan juga memakai jilbab, manga – manga tersebut dapat di lihat di fanpage IOC.

Reporter       : Nida Fikriyatul Jannah

Redaktur      : Isthiqonita

3 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas