Terkini

Pameran Profil Potensi Penyiaran Jawa Barat

[Suakaonline]-Kegiatan Pameran Profil Potensi Penyiaran Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat di Parkir Timur Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22 Bandung tadi siang berlangsung ramai, Jumat (11/11).

Selain dari beberapa mahasiswa Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN)  Sunan Gunung Djati Bandung yang jadwal kuliahnya harus diganti dengan mendatangi pameran penyiaran ini, diramaikan juga oleh 40 stand lembaga penyiaran radio dan televisi di Jawa Barat, asosiasi lembaga penyiaran di Jawa Barat, lembaga pendidikan ilmu komunikasi di Jawa Barat, dan anggota masyarakat di Jawa Barat.

“Pameran seperti ini baru pertama kali diadakan. Acara ini merupakan suatu rangkaian KPID  dalam menjalankan tugas bagaimana mengapresiasi lembaga penyiaran yang ada di Jawa Barat,” ungkap Ketua KPID Jawa Barat, Atie Rachmiatie.

“Dengan begini, kami dapat meng-expose profil lembaga, dapat berinteraksi langsung dengan orang di dunia pendidikan Ilmu Komunikasi, memberikan KPID award (penghargaan KPID), juga memberikan kesempatan bagi para insan televise dan radio unuk saling adu keterampilan dalam membawakan acara berita dalam lomba News Presenter,” tambahnya.

Beberapa tanggapan positif pun terlontar dari para mahasiswa yang menghadiri pameran ini. “Menurut saya acara yang brhubungan dengan konteks penyiaran Indonesia ini bagus banget. Selain jaga stand, saya juga bisa belajar banyak tentang penyiaran,” kata Dea mahasiswi semester 5 Penyiaran Universitas Padjajaran Bandung.

Selain itu, Agus Miftah selaku ketua senat Fakultas Ilmu Komunikasi  Universitas Islam Nusantara (Uninus) yang turut menghadiri pameran tersebut berpendapat bahwa manfaat dari kegiatan ini cukup besar. “Pertama, tujuan kegiatan ini yaitu untuk menggali potensi penyiaran di Jawa Barat. Kedua,  sangat berguna dan bermanfaat untuk regenerasi penyiaran,” katanya. Pihaknya mendapat undangan dari Dekan Fikom Uninus dan tidak ada pungutan biaya apapun untuk mengikuti acara ini. “Fasilitas gratis dan sudah disediakan oleh KPID,” ujarnya.

Sampai hari ini, telah terdapat 40 peserta dan akan bertambah untuk news presenter radio dan 15 untuk peserta  news presenter televisi. Perlombaan itu dinilai langsung di tempat oleh 3 juri yang telah dipilih oleh KPID Jabar sebelumnya. Pameran ini diselenggarakan sebagai representasi wajah dunia penyiaran Jawa Barat saat ini yang senantiasa mengedepankan nilai-nilai lokalitas Jawa Barat.

Disamping itu, Dea juga mengungkapkan harapan mengenai kegiatan serupa di tahun depan yang lebih baik lagi. “Karena ini baru petama kali, mudah-mudahan kedepannya bisa lebih bagus lagi,” kata mahasiswi yang ditunjuk dosennya sebagai pelaksana stand Fakultasnya ini. [] Santi/SUAKA

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas