Fresh

How To Be A Good Maba

Mahasiswa baru UIN SGD Bandung saat mengikuti pelaksanaa Orientasi Pengenalan Akademik (Opak) akhir Agustus lalu, di Gazeboo Fakultas Dakwah dan Komunikasi. (Foto: Dede Lukman Hakim)

Dok Suaka

SUAKAONLINE.COM, Fresh –Aloha mahasiswa baru, ngomong-ngomong sudah beraktifitas apa saja nih, selama menjadi mahasiswa UIN SGD Bandung? Kupu-kupu? Kunang-kunang? Atau kura-kura? jenis-jenis mahasiswa memang beragam ya Fresh Reader, dari keberagaman itu lah kalian harus pandai memilah dan memilih kegiatan yang bisa menjadikan dunia perkuliahan kalian lebih berwarna.

So, biar kegiatan kalian lebih terarah kali ini Fresh Crew dan mahasiswa yang aktif di BEM Jurusan Sosiologi, Jandi Al-farisi akan memberikan catatan-catatan kecil agar semester pertama kalian tidak terbuang percuma.

Menurut Jandi, selain harus pandai beradaptasi dengan lingungan sekitar Fresh Reader juga harus sering mencari informasi yang bermanfaat. Kebayang dong  jika kita banyak menelan informasi atau tahu sedikit dari banyak hal. Akan memacu kalian untuk berfikir kritis dan tentunya selalu ingin mencari tahu jawaban dari segala macam pertanyaan yang ada di benak kalian.

Nah, kalau sudah sering cari informasi, pastinya kalian tahu kegiatan apa saja yang sebaiknya dilakukan oleh mahasiswa? yaps, komunitas atau berorganisasi. Apa pun organisasi dan komunitas yang kalian ikuti jika sesuai dengan bakat dan minat pasti hal tersebut dapat menjadikan kalian lebih berkembang.

Jika sudah aktif di organisasi, pastinya Fresh Reader punya kesibukan yang luar biasa. Saking sibuknya, biasanya kalian sulit membagi waktu antara kuliah atau mengikuti kegiatan yang engga kalah pentingnya. Biar kalian engga ngerasa keteteran dalam membagi waktu coba buat deh schedule time. Meskipun terkadang schedule time itu dianggap sepele tapi tanpa kalian sadari langkah ini bisa membuat kehidupan kalian sebagai mahasiswa lebih terarah. Waktu baca, diskusi, nugas, tidur dan makan kalian pasti lebih teratur dari pada biasanya.

Baca juga:  Jumlah Wisudawan ke-70 UIN SGD Bandung

Rasanya sungguh disayangkan, jika sudah memiliki segudang aktifitas tapi tidak menuliskan pengalamanya di Blog atau Tumblr. Kalau kata Pramoediya Ananta Toer “Orang boleh pandai setinggi langit tapi selama ia tak menulis. Ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah,” Fresh Reader engga mau kan dilupain gitu aja sama orang-orang? Hehe.

Sebagai hidangan penutup, Fresh Crew nyaranin Fresh Reader buat bikin jadwal liburan. Pergi ke tempat yang kalian sukai atau ditemani orang yang kalian inginkan pastilah membuat semangat kalian yang tadinya nyisa satu bisa langsung ke angka seratus. Jadi, engga ada salahnya dong kalau kalian menyisihkan uang jajan untuk refresing.

Reporter              : Ibnu Fauzi

Redaktur             : Desti Nopianti Priatna

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas