Kampusiana

Akreditasi Jadi PR Bagi Dekan Fakultas Psikologi

dekan psikologi

Dekan baru Fakultas Psikologi, Agus Abdul Rahman. (SUAKA/Ibnu Fauzi).

SUAKAONLINE.COM – Melalui rapat senat yang digelar pada Senin (21/9/2015), Agus Abdul Rahman terpilih menjadi Dekan  Fakultas Psikologi untuk periode 2015-2019. Agus, sapaan akrabnya menggantikan Adang Hambali sebagai dekan sebelumnya. (

Saat ditemui di ruang kerjanya, mantan Dekan Fakultas Psikologi, Adang Hambali menjelaskan alasan digantikannya sebagai dekan. Menurutnya, hal tersebut mengacu pada SK Rektor yang ia terima, sehingga jabatan Dekan Psikologi harus mengikuti masa jabatan rektor yang baru. (Terpilih Lagi Jadi Dekan Psikologi, Ini Prioritas Adang Hambali)

“Jadi kalau rektornya baru semuanya (periode jabatan) harus baru,” katanya kepada Suaka, Senin (28/9/2015). Adapun untuk pelantikan dekan baru, kata Adang belum jelas kapan pelaksanaannya.

Sementara dekan baru, Agus membenarkan bahwa dirinya menggantikan Adang Hambali. Ia mengatakan, masa jabatan Adang Hambali sebenarnya terbilang masih lama. Pasalnya jabatan seharusnya Adang ialah 5 tahun. Namun karena ada instruksi dari Rektor, jabatan Adang harus diganti sesuai keputusan rapat senat.

Menjadi Dekan menurut Agus, merupakan tugas dan amanat civitas akademika Fakultas Psikologi. “Juga merupakan representasi dari dosen dan civitas akademika, Insya Allah sebagai orang yang diamanati ya akan menjalan amanat tersebut,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (29/9/2015).

Langkah awal yang akan dilakukan Agus adalah persiapan rekakreditasi program studi Psikologi yang sebelumnya mendapat nilai C. Sekitar Agustus 2016 pihaknya menargetkan meraih nilai yang lebih baik. Terhitung 11 bulan pihaknya untuk melakukan persiapan akreditasi, “targetnya minimal harus B,” tegasnya.

Maka dari itu, tambahnya, ia berkeinginan pada 2019 program studi Psikologi (Strata 1) sudah mendapatkan nilai A. Selanjutnya, pada 2017/2018 dirinya  ingin membuka program magister. Hal tersebut dilakukan karena Fakultas Psikologi ingin dikemas menjadi fakultas terdepan dalam perkembangan psikologi Islam.

Baca juga:  Wawan Gunawan : Jas akan Diusahakan Rampung Sebelum UTS

Kedepannya, ia berharap seluruh civitas akademika Fakultas Psikologi saling bersinergi dan fokus dalam upaya mendorong akreditasi. “Psikologi termasuk program studi yang penilaiannya tidak mudah tapi tetap berusaha,” pungkasnya.

Salah satu mahasiswa Psikologi, Muhammad Iqbal Fadlullah mengaku senang dan terkejut atas terpilihnya Dekan baru, Agus Abdul Rahman. Menurutnya, pemilihannya terkesan mendadak sehingga teman-temannya pun banyak yang belum mengetahui. Ia menilai bahwa Agus merupakan dosen terbaik di Fakultas Psikologi.

“Terlihat latar belakang lulusanya pun dari universitas-universitas terbaik di Indonesia, kami merasa ada harapan baru dan semangat baru bahwa kami akan bangkit,” kata dia kepada Suaka.

Iqbal berharap dengan terpilihnya Agus, Psikologi UIN SGD Bandung mampu bersaing dengan Psikologi-Psikologi di kampus lain dan patut diperhitungkan. Tambahnya, ia berharap dalam waktu dekat ini agar dapat memperbaiki akreditasi. “Walaupun kami sudah memiliki bangunan pribadi dan memiliki fasilitas yang cukup lengkap tetapi akreditasinya masih belum berubah,” harapnya.

Reporter : Ibnu Fauzi

Redaktur : Robby Darmawan

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas