Lintas Kampus

Ini Metode Freewriting ala Okke Oktriani

Penulis novel ‘Cinta Pertama Sunny’ Okke Oktriani saat mengisi materi di acara Basic Basic Journalistic Training (BJT) 2015 di Aula Amphiteatr UPI, Minggu (4/10/2015). (SUAKA/Nizar Al Fadilah).

Penulis novel ‘Cinta Pertama Sunny’ Okke Oktriani saat mengisi materi di acara Basic Basic Journalistic Training (BJT) 2015 di Aula Amphiteatr UPI, Minggu (4/10/2015). (SUAKA/Nizar Al Fadilah).

SUAKAONLINE.COM, Bandung—Penulis novel ‘Cinta Pertama Sunny’ Okke Oktriani berbagi solusi untuk menghadapi kebuntuan dalam menulis dengan metode freewriting. Solusi tersebut diberikan pada acara Basic Basic Journalistic Training (BJT) 2015 di Aula Amphiteatr UPI, Minggu (4/10/2015).

Freewriting adalah mencurahkan apapun yang ada di pikiran menjadi sebuah tulisan, tanpa berpikir apakah tulisan itu bagus atau tidak,” kata Okke saat memberikan materi yang bertajuk “Menulis dengan Kreativitas tak Terbatas”.

Okke mengatakan saat kita memulai untuk menulis, cobalah untuk menyampingkan otak kiri kita yang serba teratur dan lebih berfokus pada otak kanan kita yang lebih bisa berfikir bebas. Ia pun menyarankan kepada seluruh peserta agar melakukan freewriting selama 5 menit sehari.

“Cobalah untuk melakukan ini (freewriting) 5 menit setiap hari tanpa berhenti, agar kita menjadi lebih biasa,” Jelas penulis asal Palembang ini. Ia pun menyarankan, untuk menentukan tema tulisan agar hasilnya lebih fokus.

Dalam materinya juga, Okke sedikit mengkritik sistem pendidikan di Indonesia. Menurutnya, sistem pendidikan di Indonesia cenderung mendidik para siswa agar berpikir teratur dan mengedepankan logika. Hal tersebut membuat sisi kreativitas siswa tidak terasah.

“Pendidikan di Indonesia menjadikan kita cenderung menjadi pribadi yang harus teratur dan tidak mengedepankan imajinasi,” tutup Penulis yang baru saja merilis buku “Perempuan – perempuan Tersayang” ini.

Reporter : Nizar Al Fadillah

Redaktur : Robby Darmawan

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas