Kampusiana

Melalui Literasi, BEM-J Sasing Tingkatkan Kreatifitas Mahasiswa

Dian Nurrachman, selaku Dosen Sastra sedang memberikan materi mengenai kesusastra kepada peserta Elmouf yang diselenggarakan oleh BEM-J Sastra Inggris., Selasa (6/10/2015). (Firly Y D/ Suaka)

Dian Nurrachman, selaku Dosen Sastra sedang memberikan materi mengenai kesusastra kepada peserta Elmouf yang diselenggarakan oleh BEM-J Sastra Inggris., Selasa (6/10/2015). (Firly Y D/ Suaka)

SUAKAONLINE.COM- Guna mengantarkan kreatifitas mahasiswa di dunia literasi, BEM-J Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora mengadakan sistem orientasi yang bertajuk “ English Literature Movement Understanding Fiction” (Elmouf). Elmouf tersebut diselenggarakan selama empat hari (6-9/10/2015) yang berisi materi-materi tentang kebahasaan dan kesusastraan.

Materi kebahasaan membahas mengenai cabang-cabang linguistik, dasar-dasar dan arah tujuan kebahasaan. Sedangkan materi kesusatraan, pembahasan yang diambil adalah short stories. Short stories dipilih sebagai pembahasan agar mampu memahami sebuah karya sastra yang berawal dari cerpen. Materi tersebut disampaikan oleh Dosen Sastra, Dian Nurrachman.

Setelah mendapatkan kedua materi tersebut, mahasiswa baru diharapkan lebih produktif dalam bidang kebahasaan dan kesusastraan. Dalam bidang kebahasaan, misalnya dikembangkan melalui dialog dalam drama yang nantinya akan dipentaskan pada hari puncak orientasi. Sedangkan dalam kesusastraan  seperti membuat cerpen, dan karya cerpen-cerpen tersebut akan dibukukan di akhir semester menjadi sebuah buku antologi puisi.

“Saya sangat berharap sekali hal ini dapat membantu teman-teman mahasiswa baru dalam pengenalannya dengan jurusan, khususnya kepada mata kuliah serta ilmu sastra yang mungkin belum dipahaminya ketika duduk dibangku SMA,” ujar ketua pelaksana acara, Herdi Herdiansyah.

Kegiatan tersebut juga diapresiasi oleh peserta Almouf, salah satunya mahasiswa baru Sastra Inggris, Rizki Wardana. Rizki menilai kegiatan tersebut menambah pengetahuannya menganai bahasa dan sastra. “Apresiasi saya kepada pihak panitia yang mengadakan rangkaian acara orientasi dengan acara seperti ini, pengetahuan saya semakin bertambah dan patut saya acungkan jempol,” ujar Rizki.

Reporter         : Firly Yunanda Damanik

Redaktur        : Isthiqonita

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas