Lintas Kampus

Tumbuhkan Minat Menulis, PPMU Gelar Workshop

Penulisan

Adam Rahadian Ashari (kiri) sedang memberikan materi ‘Jurnalistik Online’ dalam acara Workshop dan Gallery Meckominfod yang digelar oleh Pondok Pesantren Mahasiswa Universal (PPMU), Minggu (25/10/2015). (Ibnu Fauzi).

SUAKAONLINE.COM – Puluhan santri yang mengenakan sarung dan kerudung duduk rapi di Ruang Aula Pondok Pesantren Mahasiswa Universal (PPMU), Minggu (25/10/2015). Dengan khidmat mereka mengikuti acara Workhsop kepenulisan dan Gallery Menckominfod yang digelar PPMU.

Dalam acara tersebut menghadirkan dua pemateri yakni, Adam Rahadian Ashari (Jurnalistik Online) dan Abdul Kholik (Urgensi Karya Tulis Ilmiah Terhadap Blog).

Ketua Pelaksana, Nurdin Akbar menuturkan bahwa tujuan acara meningkatkan motivasi dan harapan para mahasiswa santri Universal untuk menumbuhkan minat terhadap menulis. “minat menulis bisa dibilang sangat kurang,” keluhnya.

Meski demikian, pihaknya sudah pernah mensosialisasikan kepada para santri Universal untuk mengirim tulisan dalam bentuk apa pun ke pp-universal.suwargibuwanadjati.org/ , namun belum ada respon baik dari mahasiswa.

Nurdin berharap acara seperti ini tidak dilaksanakan sekali saja. Kedepannya, ia akan mengadakan sharing dan diskusi seputar kepenulisan lebih dalam. “Kami juga berencana membuat pers Mahad Universal untuk menampung minat mahasiswa dalam menulis,” ungkapnya saat ditemui Suaka disela acara.

Senada dengan Nurdin, Dewan Pengasuh Tatang Astarudin mengapresiasi acara tersebut. “Kalo bisa tiap minggu ada kegiatan seperti ini,” ujarnya. Ia mengungkapkan bahwa keterampilan menulis sangat penting dimiliki seseorang. Menulis menurutnya, harus ikhlas, cerdas, berisi dan dengan cinta.

Upaya dalam mengasah keterampilan menulis, Mantan reporter Mangle itu pun menantang peserta bagi yang berhasil tulisannya dimuat di surat kabar seperti Pikiran Rakyat, akan diberikan honor berupa bebas biaya makan selama satu bulan.

Selain workshop, acara juga diisi dengan beberapa hiburan diantaranya, Saman dance, Musikalisasi Puisi, Kabaret, Rampak Galon, Hypatia, Film Documentary, Battle Beatbox dan GGS the movie turut memeriahkan acara tersebut.

Reporter : Ibnu Fauzi

Redaktur : Robby Darmawan

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas