Kampusiana

Perpustakaan UIN Bandung Terapkan Sistem Transaksi Buku Mandiri

Pengunjung perpustakaan UIN Bandung tengah mempelajari proses peminjaman buku secara mandiri.

Pengunjung perpustakaan UIN Bandung tengah mempelajari proses peminjaman buku secara mandiri.

SUAKAONLINE.COM –, Perpustakaan UIN SGD Bandung mulai terapkan sistem transaksi buku secara mandiri, Rabu (2/12/2015). Menggunakan alat bernama multi purpose station, pengunjung perpustakaan kini diharuskan untuk melakukan peminjaman dan pengembalian buku secara mandiri. Sistem transaksi mandiri ini mulai dijalankan sebagai uji coba hingga dua minggu ke depan.

Uji coba diberlakukan untuk mengetahui kendala dan sarana pendukung apa yang harus diperbaiki. Staf peminjaman dan pengembalian buku, Dede Hujaema mengatakan terhitung satu minggu uji coba kendala yang dihadapi adalah banyaknya buku yang belum terpasang chip. “Belum terbiasanya mahasiswa dengan sistem yang baru dan beberapa kartu perpustakaan juga tidak terbaca oleh mesin,” papar Dede saat ditemui Suaka, Selasa (8/12/2015).

“Alat ini memudahkan, jadi praktis tidak usah tulis manual lagi,” tutur mahasiswa Tasawuf Psikoterapi, Nabilla Khoirunnisa. Walau menyambut baik, Nabilla juga menyayangkan dengan adanya barcode kartu yang tidak terdeteksi mesin.

“Dalam setiap buku kita masukan chip dan chip itulah yang menjadikan buku bisa dideteksi,” papar Staf bagian otomasi, Jajang Burhanudin. Jajang menambahkan bahwa ia merasa dimudahkan dengan adanya chip dalam buku. Selain memudahkan proses transaksi pinjam buku, chip ini juga dapat dideteksi untuk meminimalisir pencurian buku.

Reporter : Nuru Fitry

Redaktur : Ibnu Fauzi

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas