Terkini

Suara Bising Pembangunan Ganggu Kegiatan Belajar Mengajar?

[Suakaonline]-Proses pembangunan kampus UIN SGD Bandung memberikan banyak dampak bagi seluruh civitas akademik. Selain menghilangkan lahan parkir di dalam area kampus dan penutupan jalan menuju gedung perkuliahan, proses pembangunan juga mengakibatkan timbulnya suara bising yang mengganggu. Salah satunya pembangunan yang letaknya berada di depan gedung Ma’had Al-Jami’ah.

 

“Kadang-kadang ngeganggu. Tapi engga terlalu berisik juga kalo udah di dalam,” Papar Siti, penghuni Ma’had Al-Jami’ah, Senin (5/11). Mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris ini mengaku tidak ambil pusing dengan suara yang terkadang mengganggu.

 

Lain lagi dengan gedung perkuliahan ZB yang ditempati mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora. Gedung yang berada tepat di pinggir pembangunan tentu saja merasakan gangguan ketika proses belajar mengajar. Para dosen harus mengeraskan suaranya saat akan menerangkan.

 

eorang mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora Rika Mudrika mengatakan, ia tidak bisa berkonsentrasi dalam proses belajar. “Berisik banget kayak suara helikopter, terus ada bunyi yang ngilu gitu” papar Rika.

 

Salah satu dosen BSI Otong Setiawan, bahkan berkomentar bahwa ruang perkuliahan sebaiknya dilengkapi dengan peredam suara agar proses belajar-mengajar dilakukan dalam keadaan tenang.

 

Lain halnya dengan Azam Zam-zam, dosen Bahasa dan Sastra Arab ini mengatakan bahwa ia memaklumi adanya suara bising saat proses mengajar.

 

“Ya kitanya saja mengantisipasi misalnya mengeraskan suara saat mengajar. Kita kan tidak bisa menghentikan suara itu,” paparnya.

 

Suara bising tersebut berasal dari alat-alat berat, bunyi gergaji dan bunyi lainnya. “Yang paling berisik itu bunyi compressor, tapi dinyalainnya juga enggak terusterusan,” papar Asep, salah seorang pekerja pembangunan.

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas