Terkini

Drajat Wibawa: Wartawan Harus Waspada, Cerdik dan Pandai Membaca Situasi

[Suakaonline]-Kekerasan terhadap wartawan oleh oknum TNI beberapa waktu lalu mendapat tanggapan serius dari Drajat Wibawa selaku Ketua Progam Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN SGD Bandung. Drajat mengungkapkan bahwa kekerasan yang menimpa wartawan tersebut telah melanggar aturan hukum.

“Kekerasan jelas telah mengingkari Undang-Undang Pers No.40 tahun 1990, UUD 1945 pasal 28, serta melanggar hak asasi manusia,” ungkapnya, Senin (5/11).

Drajat menduga kekerasan terhadap wartawan terjadi akibat kurangnya pemahaman masyarakat terhadap dunia wartawan. Menurutnya, diperlukan adanya sosialisasi mengenai dunia wartawan kepada seluruh aspek masyarakat.

“Organisasi-organisasi wartawan perlu melakukan sosialisasi baik internal dan eksternal bahwa wartawan diatur dan dilindungi undang-undang, kebanyakan belum paham makanya mengambil jalan pintas melalui kekerasan,” ucapnya.

Selain itu, ia menambahkan bahwa kepiawaian wartawan dalam mengungkapkan fakta sangat diperlukan.

“Wartawan tugasnya mengkonfirmasi pemberitaan yang ada kemudian meluruskan jangan sampai menggiring masuk ke dalam masalah,” tambahnya.

Menyinggung kembali kekerasan terhadap wartawan, Drajat saat ditemui di sela-sela aktivitasnya menjelaskan bahwa apabila ada pihak yang merasa dirugikan atas peliputan yang dilakukan wartawan, maka pihak tersebut dapat melakukan tindakan lain seperti melakukan Hak jawab, jangan malah mengambil tindakan lewat jalan kekerasan.

“Hak jawab bisa dilakukan, dalam UU juga ada aturannya masyarakat bisa menjawab pemberitaan yang tidak sesuai. Jika tidak bisa melalui hak jawab, maka bisa diajukan ke pangadilan dengan delik aduan atau gugatan penggantian kerugian,” katanya.

Menurut Drajat, selama sudah mengikuti aturan kewartawanan, maka wartawan tidak perlu takut dalam meliput suatu pemberitaan.

”Wartawan itu harus waspada, cerdik dan pandai membaca situasi, hal tersebut akan berimbas pada penulisan pengungkapan suatu informasi. Bila melaksanakan tugas berdasarkan aturan yang ada, wartawan tidak akan terjerat masalah,” pungkasnya mengakhiri.

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas