Terkini

Prodi Jurnalistik dan Humas Masih Bisa Dipertahankan

[Suakaonline]-Usaha untuk tidak merubah Program Studi Jurnalistik dan Humas menjadi Komunikasi Penyiaran Islam yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam (Pendis) Nomor 1429 Tahun 2012 dianggap masih bisa diperjuangkan. Pasalnya, sejauh ini rektorat belum memberikan instruksi dan melakukan dialog apapun terhadap jurusan Ilmu Komunikasi yang menaungi kedua Prodi tersebut.

“Masih ada hal-hal yang bisa dinegosiasikan. Artinya jangan terlalu kedepan, takut salah persepsi. Kita harus bisa merespon secara bijak karena belum melakukan dialog,” ujar Enjang AS, ketua Jurusan Ilmu Komunikasi saat diwawancara oleh Suaka, Selasa (6/10).

Enjang menganggap bahwa peraturan tersebut tidak melalui pertimbangan yang bijak sehingga dapat menimbulkan efek negatif dikemudian hari. Beliau menambahkan, setidaknya ada beberapa aspek yang harus dikaji dan disosialisasikan secara menyeluruh kepada seluruh elemen terkait.

“Dalam peraturan tersebut, harus jelas apa sih argumentasi filosofisnya, fungsinya, mekanisme peraturan ini terbit, dan dampaknya. Itu harus dikaji betul. Jangan-jangan keinginan penerbitan malah terjadi hal-hal yang tidak diharapkan,” Ucap Enjang.

Sejauh ini, pihak jurusan masih menunggu sikap dari rektorat untuk menyikapi kebijakan tersebut. Upaya ke tingkat Pendis pun mungkin dilakukan jika komunikasi antara jurusan dan rektorat sudah terjalin.

Selain harus dilihat dari beberapa aspek, peraturan Dirjen Pendis ini harus dikaji dari beberapa aturan terkait yang melandasi dikeluarkannya kebijakan tersebut. Enjang berpendapat bahwa seharusnya  peraturan tersebut turut melampirkan peraturan lain yang menjadi dasar pertimbangan.

“Saya tidak mengatakan perturan tersebut bertentangan dengan peraturan lain, tapi peraturan ini harus dikaji dari beberapa aturan yang terkait,” jelas Enjang. Beliau juga menyatakan bahwa pihak dekanat siap melakukan klarifikasi ke rektorat.

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas