Terkini

Manfaat Kitab Digital Bagi Mahasiswa

[Suakaonline]-Mengaplikasikan Kitab-Kitab versi digital merupakan upaya modernisasi khazanah keilmuan islam, sehingga tidak terkesan ketinggalan Zaman. Hal tersebut diungkapkan oleh Enceng Arif faizal dalam Praktikum Kemahiran Mengaplikasikan Kitab-Kitab Versi Digital, yang diadakan oleh jurusan Perbandingan Mahzab Hukum di aula Fakultas Syariah dan Hukum UIN SGD Bandung (7/10).

 

“Dulu, ketika saya akan menganalisis sebuah hadits dibutuhkan waktu lebih dari satu hari untuk menguji hadits tersebut, karena dilakukan secara manual,” ujarnya.

 

Dengan menggunakan beberapa software seperti Maktabah Syamilah, Kutub al-Tis’ah, Maktabah fiqh wa Ushulih, mahasiswa dapat mengaplikasikan kitab-kitab versi digital sehingga memudahkan dalam proses penelitian.

 

Misalnya saja ketika mahasiswa dituntut untuk menganalisis keauntetikan sebuah hadits, atau sering disebut dengan Tarjih Hadits. Dengan menggunakan aplikasi ini, mahasiswa tidak perlu mencari beberapa puluh kitab di perpustakaan hanya untuk mencari sebuah hadits saja. Mahasiswa pun tidak akan sulit untuk mendapatkan referensi kitab terkait keberadaanya yang terbatas dan harganya yang mahal.

 

“Kini, dengan menggunakan program-program kitab digital ini, cukup dalam hitungan menit saja kita bisa langsung mendapatkan hadits yang kita cari, dibandingkan apabila kita mencarinya secara manual melalui perpustakaan,” tegas Dosen di Fakultas Syariah dan Hukum yang membidangi Fiqh Jinayah tersebut.

 

Melahirkan Lulusan yang Berkarakter

 

Kegiatan mengaplikasikan Kitab-Kitab versi digital ini mendapatkan respon positif dari Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Oyo Sunaryo Mukhlas. Ia mengatakan bahwa kegiatan berdimensi Penguatan kualitas mahasiswa ini harus menjadi sebuah motivasi bagi mahasiswa, sehingga jurusan Perbandingan Mahzab Hukum UIN SGD Bandung dapat melahirkan lulusan-lulusan yang berkarakter.

 

“Jangan motivasi dan cita-cita Anda dibunuh dengan kemalasan, karena kemalasan dapat membunuh semuanya,” tegasnya.

 

Dadang Husen Sobana, selaku Sekretaris Jurusan PMH memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan kali kedua diselenggarakan di jurusan PMH, setelah diadakan kegiatan yang sama tahun 2005.

 

“Untuk kegiatan ini, Jurusan PMH bisa dikatakan sebagai pelopor, khususnya di UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini dan akan dilaksanakan secara berkala untuk kedepannya,” jelasnya.

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas