Kampusiana

Sistem Baru, Pembagian Kelompok KKM 2016 Kurang Merata

kkm 2016

LP2M mengadakan pembekalan KKN 2016 yang dihadiri oleh perwakilan setiap kelompok di Aula Lecture Hall, Selasa (26/01/2016). (SUAKA/Ima Khotimah)

SUAKAONLINE.COM – UIN SGD Bandung segera menggelar kegiatan resmi tahunan, Kuliah Kerja nyata Mahasiswa (KKM) tahun 2016. Untuk pendaftaran KKM 2016 telah menggunakan sistem online. Hal tersebut diungkapkan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Ramdani Wahyu, Selasa (26/01/2016).

Menurut Ramdani, KKM 2016 juga dikemas lebih progresif, maju,  modern, memudahkan panitia dan memudahkan proses. Ramdani juga mengklaim bahwa pendaftaran KKM kali ini lebih canggih, karena pendaftaran menggunakan online dan sistem telah mengelompokkan sendiri. Sehingga pendaftaran KKM 2016 dianggap lebih memudahkan panitia KKM.

Namun, dari kemudahan tersebut, Ramdani mengatakan masih terdapat  hambatan, diantaranya pembagian kelompok KKM yang tidak merata karena sistem baru yang dibuat masih dalam masa percobaan. Jika mengacu pada sistem, pembagian kelompok KKM 2016 menunjukkan 95%  sudah merata, sedangkan 5% kurangnya tidak merata karena calon peserta mendaftar disaat terakhir pendaftaran. “Intinya, ini sistem yang baru dan namanya juga uji coba pasti banyak kekurangan, yang dirasakan pembagian kelompok saya menganggap 95% itu sudah bagus” ungkapnya.

Dengan adanya hambatan tersebut, justru membuat Ramdani dan panitia KKM berusaha untuk terus meningkatkan sistem kembali. Agar tahun depan  sistem menjadi lebih rapih, “Untuk sistem yang belum tuntas pada KKM 2016 ini akan di perbaiki tahun depan selain itu kita selalu koordinasi dengan para pejabat dan pengurus supaya tidak ada kesalahan dan intensif. Selalu mendiskusikan hal yang muncul dari apa yang di temukan dan pecahkan masalah bersama,” Tutup Ramdani.

Sementara itu, pendaftaran manual masih berlaku untuk mahasiswa yang terlambat. Pendaftaran online hanya sampai  tanggal 23 Januari dan jika lewat dari tanggal itu, mahasiswa masih bisa mendaftar KKM 2016 tapi dengan cara pendaftaran manual.

Baca juga:  Polemik Pembayaran UKT Angkatan 2014

 

Reporter : Ima Khotimah

Redaktur : Edi Prasetyo

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas